Kelayakan adalah tolak ukur penentu
kepantasan objek yang digunakan dalam suatu penelitian, kelayakan trainer robot
transporter dan pemadam api line follower
berbasis arduno nano sebagai media pembelajaran dilakukan melalui
kevalidan, kepraktisan, keefektifitasan. Metode penelitian menggunakan
pengembangan Research and Development
(R&D) , desain penelitian pre-experimental
dengan rancang studi One-Shot Case Study .
Media pembelajaran diujikan kepada peserta didik kelas XII TEI SMK Negeri 1
Tambelangan sejumlah 20 orang dengan menggunakan lembar penilaian yaitu lembar
validasi (trainer, buku ajar dan instrumen soal), lembar angket responden,
serta lembar nilai kompetensi peserta didik. Diperoleh hasil kevalidan sangat
valid sebagai media pembelajaran dengan persentase trainer sebesar 90,6%, buku
ajar sebesar 80,1%, dan instrument sebesar 75%, persentase total rata-rata
penilaian kevalidan sebesar 81,9%. Penilaian kepraktisan sangat praktis sebagai
media pembelajaran dengan persentase terhadap trainer sebesar 86,7% dan buku
ajar sebesar 85,9%, persentase total rata-rata nilai kepraktisan sebesar 86,3%.
Sedangkan penilaian keefektifitasan memperolehan hasil kompetensi ranah
kognitif sebesar 75,5 dan ranah psikomotorik sebesar 81,25. Total rata-rata
nilai kompetensi kedua ranah tersebut sebesar 78,375. Maka diperoleh hasil uji
normalitas dari nilai kompetensi berdistribusi normal dengan nilai signifikan
sebesar 0,236 > 0,05. Sedangkan uji thitung sebesar 6,326, df
sebesar 19, serta nilai signifikan sebesar 0,000, sehinngga thitung >
+ttabel dengan taraf signifikan (α = 0,05), maka terdapat peningkatan
hasil belajar kompetensi peserta didik yang sangat signifikan terhadap KKM.
Berdasarkan hasil tersebut trainer dan buku ajar sesuai dan layak digunakan
sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: Trainer, Buku Ajar, Robot Transporter
dan Pemadam Api Line Follower ,
Arduino Nano