ABSTRAK
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERMEDIA APLIKASI ALAT BANTU HITUNG TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG
SISWA TUNANETRA
Nama : Nirwan Anggoro
NIM : 15010044062
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Luar Biasa
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Drs. H. Pamuji, M.Kes
Ketunanetraan yang di alami anak berdampak pada kemampuan berhitung perkalian. Kesulitan yang dialami saat siswa menyelesaikan operasi hitung perkalian angka ratusan hingga ribuan, anak cenderung mengerjakan soal tes hanya mengandalkan ingatan atau hafalan, sehingga anak mudah kehilangan konsentrasi dan ceroboh, serta memerlukan waktu yang lama dalam menyelesaikan soal yang membuat anak sering kekurangan waktu pada saat diberikan tugas. Maka dari itu kesulitan berhitung anak akan diajarkan melalui model pembelajaran langsung dengan media aplikasi alat bantu hitung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran langsung bermedia aplikasi alat bantu hitung terhadap kemampuan berhitung siswa tunanetra di SLB A YPAB Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre eksperimen dan rancangan one group pretes - postes design. Analisis data menggunakan Wilcoxon, Teknik pengumpulan data berupa tes (pretes dan postes). Berdasarkan hasil pre-tes 45.8, dan hasil pos-tes 87.7, maka diperoleh hasil Zh=2.36 lebih besar dibanding Zt=1,96 dengan nilai krisis 5%. Hal ini membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran langsung terhadap kemampuan berhitung siswa tunanetra di SLB A YPAB Surabaya.
Kata kunci : Tunanetra, Berhitung, Model pembelajaran langsung
Abstract
INFLUENCE OF DIRECT LEARNING MODEL IN THE APPLICATION OF CALCULATOR AIDS TO COUNTING ABILITY
BLIND STUDENTS
Name: Nirwan Anggoro
NIM: 15010044062
Course: S-1
Majors: Special Education
Faculty: Faculty of Education Sciences
Institution Name: Surabaya State University
Instructor: Drs. H. Pamuji, M. Kes
The child's natural intimacy affects the ability to count multiplication. Difficulties experienced when students finish the operation calculator multiplication rate hundreds of thousands, children tend to work on tests only rely on memory or memorization, so that the child easily loses concentration and sloppy, and requires A long time in resolving the problem that makes the child often deprivation when given a task. Therefore the difficulty of counting children will be taught through a direct learning model with the Media tool calculator tools. The purpose of this research is to test the influence of direct learning model in the application of the calculator tools for the ability to arithmetic the blind students in SLB A YPAB Surabaya.
The study used a quantitative approach with pre-experimentation and the design of one group Pretes-postes design. Data analysis using Wilcoxon a data collection technique in the form of tests (Pretes and postes). Based on the pre-test result 45.8, and the post-test result 87.7, then the result of zh = 2.36 is greater than ZT = 1, 96 with a crisis value of 5%. This proves the influence of direct learning models on the ability to count the blind students in the SLB A YPAB Surabaya.
Keywords: visual impairment, counting, direct learning models