Efektivitas Lahan Parkir Taman Hiburan Pantai Kenjeran Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya
The effectiveness of the parking area in Kenjeran Beach, Kenjeran sub-district, Surabaya city.
THP Kenjeran menyediakan dua lokasi parkir yakni parkir utara dan parkir selatan. Bus menggunakan lahan parkir yang disediakan untuk mobil pada parkir selatan, sehingga kapasitas parkir selatan untuk mobil berkurang dan lahan parkir mobil tidak digunakan secara maksimal. Lahan parkir utara menyediakan parkir yang lebih baik dan lebih luas sehingga dapat menampung lebih banyak kendaraan. Motor, mobil dan bus bisa menempatkan kendaraannya sendiri apabila tidak dibantu oleh petugas. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas lahan parkir THP Kenjeran dalam memenuhi kebutuhan parkir wisatawan.
Penelitian ini dilakukan di wilayah parkir Taman Hiburan Pantai Kenjeran bagian selatan dan utara. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan yang membawa kendaraan dan menggunakan lahan parkir Taman Hiburan Pantai Kenjeran bagian utara maupun selatan. Penentuan sampel menggunakan teknik accidental random sampling sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara untuk mengetahui tingkat kenyamanan lahan parkir. Observasi dilakukan untuk pengamatan dan peninjauan langsung denah lokasi dan jumlah petak parkir yang tersedia. Dokumentasi untuk mengetahui gambaran mengenai jumlah wisatawan yang parkir beserta waktu yang dibutuhkan untuk parkir kendaraan. Efektivitas parkir dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan rumus Efektivitas = Akumulasi Parkir tertinggi / Kapasitas Parkir yang tersedia X 100%. Skoring digunakan untuk mengetahui tingkat kenyamanan parkir
Hasil penelitian menerangkan bahwa efektivitas lahan parkir di THP Kenjeran efektif pada lahan parkir motor sisi utara dengan efektivitas 22%, lahan parkir mobil cukup efektif sisi utara dengan efektivitas 48%, lahan parkir bus sisi utara efektif dengan efektivitas 37%. Lahan parkir sisi selatan mobil tidak efektif dengan persentase efektivitas 63% sekaligus lahan digunakan untuk parkir bus yang tentunya memerlukan lahan parkir yang lebih luas dibandig mobil. Pada parkir motor efektif dengan persentase efektivitas 21%.
Kata Kunci: lahan parkir, THP Kenjeran, efektivitas, kapasitas parkir
THP Kenjeran provides two parking locations, namely north parking and south parking. The bus uses the parking space reserved for cars in the southern parking lot, so the southern parking capacity for cars is reduced and the car park is not fully utilized. The northern parking lot provides better and wider parking so that it can accommodate more vehicles. So, motorbikes, cars and buses can place their own vehicles if they are not assisted by officers. This study aims to determine the effectiveness of the THP Kenjeran parking lot in meeting the parking needs of tourists.
This research was conducted in the southern and northern Kenjeran Beach parking area. The population used in this study were all tourists who brought vehicles and used the parking lot of the northern and southern Kenjeran Beach Amusement Park. Determination of the sample using accidental random sampling technique of 100 respondents. Data collection techniques using interviews to determine the level of comfort in parking lots. Observations are made to observe and directly observe the location plan and the number of available parking lots. Documentation to find an overview of the number of tourists who park and the time it takes to park the vehicle. The effectiveness of parking was analyzed using descriptive analysis with the formula Effectiveness = the highest accumulated parking / available parking capacity X 100%. Scoring is used to determine the level of parking comfort
The results showed that the effectiveness of parking lots at THP Kenjeran was effective on the north side of the motorbike parking lot with 22% effectiveness, the car park was quite effective on the north side with 48% effectiveness, the north side bus parking lot was effective with 37% effectiveness. The parking area on the south side of the car is ineffective with an effectiveness percentage of 63% as well as the land is used for bus parking which of course requires a larger parking area than the car. In effective motorbike parking, the percentage of effectiveness is 21%.
Keywords: parking area, THP Kenjeran, effectiveness, parking capacity