ABSTRAK
Mazroatul Hidayah, NIM (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Saintific Approach Materi Aktivitas Ekonomi Di Lingkungan Sekitar Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Sekolah Dasar ,
Kata Kunci : LKPD, saintific approach , Berfikir Kreatif, dan Hasil Belajar
Penelitian ini bertujuan: (1) Menganalisis LKPD berbasis saintific approach yang dikembangan untuk digunakan dalam proses pembelajaran siswa Sekolah Dasar . (2) Menganalisis LKPD berbasis saintific approach untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar . (3) Meganalisis penggunaan LKPD berbasis saintific approach untuk meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar .
M etode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengembangan (Research & Development) model 4D. Pengambilan data penelitian dilakukan di SDN PunggulRejo dan SDN Sukosari Tuban pada kelas IV. Tahap awal penelitian yaitu define untuk mendefinisikan kebutuhan penelitian. Tahap design merupakan perancangan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, dan LKPD serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan RPP, soal pretest dan posttest, serta angket respon peserta didik. Tahap develop, pada tahap ini produk awal perangkat pembelajaran divalidasi oleh validator ahli untuk memperoleh kelayakan produk yang telah dirancang berdasarkan hasil validasi dan saran serta komentar validator. Tingkat kelayakan LKPD diperoleh dari validator ahli yang dianalisis menggunakan Sbi. Setelah divalidasi dan direvisi kemudian produk diujicobakan secara terbatas pada peserta didik. Hasil ujicoba terbatas kemudian dianalisis guna mengetahui kelayakan LKPD dari sudut pandang peserta didik. Uji luas dilakukan setelah melakukan perbaikan dari hasil ujicoba terbatas. Hasil akhir uji luas berupa nilai pretest dan posttest kemudian dianalisis dan diperoleh nilai standard gain sebagai hasil peningkatan berfikir kritis dan hasil belajar
Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Dari hasil analisis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis saintific approach pada siswa Sekolah Dasar dalam mata pelajaran IPS Kelas IV di tinjau dari nilai kelayakan LKPD oleh validator sebesar 52 atau dilihat dari Nilai Percentage Agreement (PA) sebesar 92,8% dengan kategori sangat layak. (2) Adanya peningkatan efektifitas penggunaan media pengembangan LKPD berbasis saintific approach pada siswa Sekolah Dasar dalam mata pelajaran IPS Kelas IV terhadap berfikir kreatif ditinjau dari nilai Standard Gain yakni 0,65 dengan kategori sedang. (3) Adanya peningkatan efektifitas penggunaan media pengembangan LKPD berbasis saintific approach pada siswa Sekolah Dasar dalam mata pelajaran IPS Kelas IV terhadap Hasil Belajar siswa ditinjau dari nilai Standard Gain yakni 0,67 dengan kategori sedang.