PENGARUH MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP
MOTIVASI BELAJAR PASSING SEPAK BOLA
THE EFFECT OF AUGMENTED REALITY MEDIA ON LEARNING MOTIVATION OF FOOTBALL PASSING
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apakah penerapan media AR passing sepak bola dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. (2) Mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi peserta didik setelah menggunakan media AR pada materi Passing sepak bola.
Penelitian ini mengguakan metode praexsperimental dengan desain “ one group prtest-postest” Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kels VIII SMP Negeri 1 Nganjuk yang berjumlah 288 siswa terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel penelitian kali ini menggunakan purposive sampling karena sampel diambil dari sebagian populasi secara berkelompok dan diambil secara acak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kelas VIII-4 SMPN 1 Nganjuk dengan jumlah siswa 32 orang. Pada penelitian kali ini pengambilan data menggunakan kuisioner dengan pengisian angket. Teknik analisis data statistik deskriptif data penelitian ini meliputi penyajian data mean, presentase, standart deviasi dan statistik inferensial yang uji prasyarat data normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk (1) Adanya pengaruh motivasi belajar peserta didik setelah adanya penerapan media Augmented Reality pada materi passing sepak bola. hal ini dibuktikan dengan t hitung -12,181 > t table 2,045 dan nilai signifkansi 0,000< 0,05, maka dari itu Ha diterima. Hasil menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada motivasi belajar peserta didik setelah adanya penerapan media Augmented Reality pada materi passing sepak bola. (2) Terdapat peningkatan yang signifikan terhadap motivasi belajar setelah diterapkannya media Augmented Reality pada materi passing sepak bola. hal ini dibuktikkan dengan besar peningkatan motivasi belajar passing sepak bola setelah diberikan treatment media Augmented Reality yang dilakukan selama 2 kali pertemuan yaitu sebesar 8%.
Kata kunci: Augmented Reality, Motivasi, Passing, Sepak Bola
This study aims to (1) find out whether the application of football passing AR media can increase students' learning motivation. (2) Find out how much the motivation of students increases after using AR media on football passing material.
This study used a pre-experimental method with a "one group pretest-posttest" design. The population in this study were students of class VIII, Nganjuk 1 Public Middle School, with a total of 288 students consisting of 9 classes. The sample for this study used purposive sampling because the samples were taken from a portion of the population in groups and taken randomly. The sample used in this study was class VIII-4 of SMPN 1 Nganjuk with a total of 32 students. In this study, data collection used a questionnaire by filling out a questionnaire. Descriptive statistical data analysis techniques for this research data include the presentation of mean, percentage, standard deviation and inferential statistics that test the prerequisite data for normality and homogeneity.
The results of the study show that (1) there is an influence on students' learning motivation after the application of Augmented Reality media on football passing material. this is evidenced by t count -12.181 > t table 2.045 and a significance value of 0.000 <0.05, therefore Ha is accepted. The results show that there is a significant influence on students' learning motivation after the application of Augmented Reality media on football passing material. (2) There is a significant increase in learning motivation after the application of Augmented Reality media to football passing material. this is evidenced by the large increase in motivation to learn passing football after being given Augmented Reality media treatment which was carried out for 2 meetings, namely by 8%.
Keywords: Augmented Reality, Motivation, Passing, Soccer