Pengembangan Media Video Tutorial Berbasis Website Dengan Model PJBL Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Kelas XI Di SMK Ketintang Surabaya
Development Of Website Based Video Tutorial Media Using PJBL Model For Graphics Design Lessons In Class XI At SMK Ketintang Surabaya
Media pembelajaran merupakan suatu benda yang mengandung amanah atau informasi yang instruksional dengan berisikan maksud pengajaran. Penelitian ini mengacu pada permasalahan yang terjadi di sekolah SMK Ketintang Surabaya, yaitu mengenai metode pembelajaran dan fasilitas yang terbatas untuk pembelajaran antara guru dan siswa terutama untuk mata pelajaran Desain Grafis Percetakan yang merupakan mata pelajaran keahlian kompetensi dari program studi Multimedia yang membutukan lebih banyak praktikum daripada teori. Oleh karena itu, maka diperlukan sebuah media pembelajaran yang dapat menangani permasalahan tersebut. Penelitian ini mengunakan metode Research and Development (Rnd) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengukuran hasil belajar siswa dalam penelitian ini menggunakan latihan soal pretest – posttest dan prototype desain serta mengukur perbandingan hasil belajar dari kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran video tutorial berbasis website dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran. Dari pengukuran tersebut, didapatkan bahwa hasil pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran video tutorial berbasis website lebih baik daripada siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan media. Hasil analisa secara statistik dengan uji independet t-test di dapatkan nilai signifikasi a=0,000 hal tersebut menunjukkan bahwa nilai a<0,05 yang berarti terdapat pengaruh media pembelajaran media di SMK ketintang. Dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran video tutorial berbasis website lebih baik daripada siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan media.
Learning media is an object that contains instructional messages or information intended for teaching purposes. This research addresses the problems occurring at SMK Ketintang Surabaya, specifically related to the teaching methods and the limited facilities for learning between teachers and students, particularly for the subject of Printing Graphic Design, which is a competency skill subject in the Multimedia study program that requires more practical work than theory. Therefore, a learning media is needed to address these issues. This research employs the Research and Development (R&D) method using the ADDIE development model. The measurement of student learning outcomes in this research uses pretest and posttest questions and compares the learning outcomes of the experimental class that uses web-based video tutorial learning media with the control class that does not use the learning media. From these measurements, it was found that the learning outcomes of the experimental class using web-based video tutorial learning media were better than those of the control class that did not use the media. Statistical analysis using the independent t-test yielded a significance value of a=0.000, indicating that a<0.05, which means there is an influence of the learning media at SMK Ketintang. It can be concluded that the learning outcomes of the experimental class using web-based video tutorial learning media are better than those of the control class that did not use the media.