ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM KURIKULUM 2013 REVISI PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Nama : Tutik Endayanti
NIM : 15010644059
Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Ika Rahmawati, S.Si,. M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berpisahnya matematika dari tematik pada Kurikulum 2013 Revisi 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru, peran siswa, perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, proses penyampaian materi, dokumentasi kurikulum yang digunakan, kendala saat proses pembelajaran serta solusi untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran matematika kelas IV dalam Kurikulum 2013 Revisi di Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan adalah Kepala Sekolah, Wali Kelas IV, siswa kelas IV, Wali Siswa kelas IV, dan Koordinator Kurikulum.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan angket. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi, studi dokumentasi, dan lembar angket. Setelah data terkumpul, kemudian akan dilakukan teknik analisis data melalui koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika dalam Kurikulum 2013 Revisi sudah berjalan baik. Guru sudah berperan sebagai fasilitator, motivator, dan evaluator. Sebelum memulai pembelajaran, guru menyiapkan perangkat pembelajaran yang telah disetujui oleh Kepala Sekolah. Pada proses penyampaian materi, guru menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa dan guru mengajarkan matematika di buku tematik hanya sebagai penguat. Siswa berperan sebagai subyek pembelajaran, di mana pembelajaran berpusat pada siswa. Ada koordinator kurikulum yang bertugas untuk memantau perangkat yang digunakan oleh guru. Namun ada beberapa kendala diantaranya guru masih menggunakan metode ceramah dan kurang memanfaatkan media, guru masih kesulitan dalam melakukan penilaian, serta masih rendahnya prestasi belajar siswa. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut adalah ada pembinaan bagi guru yang belum memahami K13 revisi, memberikan bimbingan kepada siswa yang kurang, guru harus murah senyum dan bisa menjadi teman untuk siswanya.
Kata Kunci : Pembelajaran, Matematika, Kurikulum 2013 Revisi
ANALYSIS OF MATHEMATICS LEARNING IN CURRICULUM 2013 REVISION IN GRADE FOURTH ELEMENTARY SCHOOL
Name : Tutik Endayanti
Study Program : Primary Teacher Education
Faculty : Science Education
Institute : State University of Surabaya
Supervisor : Ika Rahmawati, S.Si,. M.Pd.
This research is motivated by separation of mathematics from thematic subjects in Curriculum 2013 Revision 2017. This study aims to find out how the role of teacher, the role of students, planning of learning by the teacher, the process of delivering material, the curriculum dokumentation used, constraints during the learning process and solutions to overcome obstacles of mathematic learning in Curriculum 2013 Revision in fourth grade Elementary School. The type of research which used is descriptive qualitative. The subject of research are school principal, class guardian of fourth grade, parents of student of fourth grade, students of fourth grade and curriculum coordinator.
Data collection techniques use interviews, observation, study documentation, and questionnaires. While the instruments used were interview guides, observation sheets, documentation studies, and questionnaire sheets. After data collected, then data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation, and data verification.
The results showed that the implementation of mathematics learning in the Curriculum 2013 Revision goes well. The teacher has acted as a facilitator, motivator, and evaluator. Before starting the lesson, the teacher prepares learning tools that have been approved by the principal. In the process of delivering material, the teacher uses language that is easily understood by students and also teachers teaching mathematics in thematic books only as reinforcement. Students act as learning subjects, where student-centered learning. There is a curriculum coordinator to monitor the devices used by the teacher. But there are some obstacles including teachers still using the lecture method and don’t use the instructional media, the teacher is still having difficulty in assessing, and the students' learning achievement is still low. The solution to overcome these obstacles is that there is guidance for teachers who have not understood the revised K13, providing guidance to students who are lacking, the teacher must be smiling and be able to be friends with their students.
Keyword : Learning, Mathematics, Curriculum 2013 Revision