Permainan kecil merupakan suatu bentuk permainan yang tidak mempunyai aturan yang seragam baik mengenai aturan mainnya, peralatan yang digunakan luas lapangan permainan, maupun lamanya permainan. Permainan kecil adalah salah satu bentuk permainan anak-anak yang beredar secara lisan di kalangan anggota kelompok tertentu, bersifat tradisional dan diwariskan secara turun-temurun, serta mempunyai banyak variasi. Kebugaran jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan untuk melakukan aktivitas atau pekerjaan tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan. Hal ini sangat penting bagi pendidikan untuk menerapkan kebugaran jasmani, terutama di sekolah. Ini penting agar siswa tidak lelah selama pembelajaran PJOK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh permainan kecil terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Pada instrumen penelitian ini menggunakan MFT (Multistage Fitness Test). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Lamongan dengan menggunakan kelas X-8 sebanyak 38 peserta didik sebagai objek penelitian.
Dalam penelitian ini digunakan teknik analisis data, yaitu statistik deskriptif, uji normalitas kolmogorov-smirnov, uji paired sampled t test, dan uji non parametric wilcoxon signed ranks test. Berdasarkan data yang telah di uji menggunakan uji paired sampled t test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,001 < 0,05. Dan uji non parametric wilcoxon signed ranks test menunjukkan bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan kecil terhadap tingkat kebugaran jasmani peserta didik.
Kata Kunci : Permainan Kecil, Tingkat Kebugaran Jasmani
Small games are a form of game that does not have uniform rules regarding the rules of the game, the equipment used by the playing field, and the length of the game. Small games are one form of children's games that circulate orally among members of certain groups, are traditional and are passed down from generation to generation, and have many variations. Physical fitness is the ability and capability to perform activities or work without experiencing excessive fatigue. It is very important for education to implement physical fitness, especially in schools. This is important so that students do not get tired during PJOK learning. The purpose of this study was to determine whether there is an effect of small games on students' physical fitness level. In this study using a quantitative approach and using the One Group Pretest-Posttest Design research design. In this research instrument using MFT (Multistage Fitness Test). This research was conducted at SMA Negeri 2 Lamongan using class X-8 as many as 38 students as the object of research.
In this study, data analysis techniques were used, namely descriptive statistics, normality test kolmogorov-smirnov, paired sampled t test, and non-parametric wilcoxon signed ranks test. Based on the data that has been tested using the paired sampled t test, it shows that the Sig value. (2-tailed) is 0.001 <0.05. And the non-parametric wilcoxon signed ranks test shows that Asymp. Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05. Based on these results, it can be concluded that there is an effect of small games on the level of physical fitness of students.
Keywords: Small Games, Physical Fitness Level