Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Getaran Dan Gelombang
Analysis Of Critical Thinking Skills Of Junior High School Students On Vibration And Wave Materials
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi getaran dan gelombang. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 32 siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Purwosari yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes keterampilan berpikir kritis melalui lembar soal esai. Lembar soal esai terdiri atas lima indikator keterampilan berpikir kritis yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, membuat penjelasan lanjut dan mengatur strategi dan taktik. Hasil Simpulan dari penelitian ini adalah perolehan persentase rata-rata indikator keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 59,84%. Hasil persentase tersebut menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis yang dimiliki oleh siswa SMP Negeri 2 Purwosari pada materi getaran dan gelombang tergolong kurang sesuai dengan kriteria penilaian acuan patokan. Ditinjau berdasarkan gender didapatkan hasil ketrampilan berpikir kritis antara siswa perempuan dan laki-laki relatif sama.
This research aimed to describe the critical thinking skills of junior high school students on vibration and waves materials. The method used in this research was descriptive quantitative. The subjects in this study were 32 students of class VIII-A of SMP Negeri 2 Purwosari consisted of 16 male and 16 female students under purposive sampling technique. The data collection method used in this study was a test of critical thinking skills through esai question instrument. The esai question instrument consisted of five indicators of critical thinking skills, namely giving simple explanations, building basic skills, concluding, making further explanations and setting strategies and tactics.. The conclusion of this research is that the average percentage of students' critical thinking skills indicators is 59.94%. The percentage results indicate that the critical thinking skills possessed by students of SMP Negeri 2 Purwosari on vibration and wave materials are classified as less in accordance with the benchmark reference assessment criteria. Based on gender, the results of critical thinking skills beetwen female and male students are relatively the same.