Validitas Permainan Congklak Pada Materi Tata Surya Untuk Siswa SMP Kelas VII
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan validitas permainan congklak pada materi tata surya untuk siswa SMP kelas VII. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Pungging dengan jumlah peserta didik sebanyak 24 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yaitu dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen data yang dihasilkan adalah berupa lembar telaah dan lembar validasi. Hasil penelitian validitas permainan congklak dapat ditinjau dari hasil lembar validasi dan lembar telaah yang sudah diisi dengan dosen ahli dan guru mata pelajaran IPA. Analisis hasil pada lembar validasi adalah didapatkan rata-rata nilai modus sebesar 4. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kevalidan media permainan congklak yang dikembangkan terdiri dari beberapa aspek yakni aspek isi, aspek kebahasaan, aspek penyajian media, dan aspek fungsi permainan memperoleh kategori yang sangat layak digunakan dengan nilai modus kelayakan sebesar 4.
The research carried out aims to describe the validity of the Congklak game on solar system material for seventh grade junior high school students. This research was conducted at SMPN 2 Pungging with a total of 24 students. This research is a development research that is using the ADDIE development model. The resulting data instrument was in the form of a study sheet and a validation sheet. The results of the research on the validity of the Congklak game can be reviewed from the results of the validation sheet and the study sheet that has been filled in by expert lecturers and science subject teachers. Analysis of the results on the validation sheet is obtained an average mode value of 4. The conclusion of this study is the validity of the developed Congklak game consists of several aspects namely the content aspect, linguistic aspects, media presentation aspects, and aspects of the game function get a very decent category used with a feasibility mode value of 4.