Kohesi Dan Koherensi Pada Buku Seri Manual Gerakan Literasi Sekolah
Sebuah wacana mengandung informasi yang akan disampaikan kepada pembaca. Wacana yang baik harus memperhatikan susunan kata maupun kalimat agar dapat dipahami para pembaca. Artikel ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan jenis kohesi yang terdapat pada Buku Seri Manual Gerakan Literasi Sekolah (2) mendeskripsikan jenis koherensi yang terdapat pada Buku Seri Manual Gerakan Literasi Sekolah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode penelitian menggunakan teknik simak dan catat. Analisis dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini ditemukan penggunaan kohesi gramatikal sebanyak 261 data, kohesi leksikal sebanyak 90 data, koherensi berpenanda sebanyak 29 data dan koherensi tak berpenanda sebanyak19 data. Adapun jenis kohesi dan koherensi yang tidak ditemukan pada semua wacana (lima) yaitu, kohesi gramatikal elipsis karena pada pada wacana ini tidak ditemukan penanda elipsis, koherensi berpenanda temporal karena pada wacana ini tidak ditemukan penanda koherensi temporal. Selanjutnya koherensi kronologis karena pada wacana ini tidak ditemukan penanda koherensi kronologis. Adapun koherensi tak berpenanda dialog karena pada wacana ini tidak ada wacana yang mengandung dialog. Buku ini pada dasarnya ditujukan untuk pengajar dan cocok untuk semua usia. Penulis juga ingin memberikan kebervariasian secara merata antara penggunaan kohesi maupun koherensi pada sebuah wacana yang cocok digunakan untuk materi pelajaran.
Kata Kunci: Wacana, Kohesi, dan Koherensi.
A discourse contains information that will be conveyed to the reader. A good discourse must pay attention to the arrangement of words and sentences so that it can be understood by the readers. This article aims to (1) describe the type of cohesion found in the School Literacy Movement Manual Series (2) to describe the type of coherence contained in the School Literacy Movement Manual Series Book. This type of research is descriptive qualitative. The research method uses the technique of listening and taking notes. The analysis was done descriptively. The results of this study found the use of grammatical cohesion of 261 data, lexical cohesion of 90 data, marked coherence of 29 data and unsigned coherence of 19 data. The types of cohesion and coherence that are not found in all discourses (five) are ellipsis grammatical cohesion because in this discourse there is no ellipsis marker, temporal coherence is because in this discourse no temporal coherence marker is found. Furthermore, chronological coherence is because in this discourse there is no marker of chronological coherence. As for coherence, there is no sign of dialogue because in this discourse there is no discourse that contains dialogue. This book is primarily intended for teachers and is suitable for all ages. The author also wants to provide variations evenly between the use of cohesion and coherence in a discourse that is suitable for use in subject matter.
Keywords: Discourse, Cohesion, and Coherence.