Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan C-Map Tools pada materi usaha dan energi, mendeskripsikan keterampilan peserta didik, mendeskripsikan penguasaan konsep peserta didik serta mendeskripsikan respons peserta didik terhadap penerapan C-Map Tools pada materi usaha dan energi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian true-experimental dan desain penelitian menggunakan randomized control group pre-test and posttest design, dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 72 peserta didik di SMA Negeri 1 Menganti. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan penerapan C-Map Tools pada materi usaha dan energi memperoleh persentase kurang lebih 89,6% dengan kategori sangat baik. Terdapat perbedaan terhadap penguasaan konsep peserta didik dan kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, dengan gain score pada kelas eksperimen yaitu 0,39 dengan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol yaitu 0,27 dengan kategori rendah. Keterampilan peserta didik dalam pembuatan peta konsep menggunakan C-Map Tools memperleh persentase kurang sebesar 81,36% dengan kategori sangat baik serta peserta didik mamu mengkonstruksikan peta konsep dari sebuah fokus pertanyaan. Respons peserta didik terhadap penerapan C-Map Tools pada materi usaha dan energi memperoleh persentase kurang lebih yaitu 75,19% dengan kategori baik.
Kata Kunci : Penerapan C-Map Tools, Keterampilan Peserta Didik, Penguasaan Konsep dan Respons Peserta Didik
This research aims to describe the implementation of C-Map Tools, describing students skill to make concept map, describing mastery of concept due to work energy matter and describing students respond due to implementatio of C-Map Tools. This research uses quantitative descriptive with true-experimental methods and randomized control group pre-test and post-test design, apply to 72 students in SMAN 1 Menganti. Based on data analysis, the implementation of C-Map Tools of the students in this matter got a percentage of 89,6% with a very good category. There is difference of student’s mastery concept and experiment class more better than control class, gain score of experiment class 0.39 stated in middle category and control class 0.27 and stated in the low category. Student’s skill to make concept mapping got a percentage 81,36% with a very good category. Based on the student’s responsd questionnaire analysis, it was found that the response of students after being applied C-Map Tools in Work and Energy matter got a percentage 75,19% with a good category.
Keywords : Implementation of C-Map Tools, Skill Students to Make Concept, Mastery of Concept, Student’s Respond.