Keefektifan Komik dalam Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Fisika: Review Mini
Keterampilan berpikir kritis yaitu kecerdasan sangat dibutuhkan siswa pada periode abad ke-21. Interpretasi, analisis, evaluasi, kesimpulan, dan penjelasan adalah beberapa indikator kognitif dari berpikir kritis. Salah satu cara melatih keterampilan berpikir kritis yang mengesankan adalah dengan menggunakan komik sebagai media. Komik merupakan salah satu manfaat dari perbaikan proses pembelajaran karena memiliki beberapa aspek yang dapat menarik minat belajar siswa untuk memahami materi yang akan disampaikan melalui visualisasi gambar dan cerita dalam komik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keefektifan media komik dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan penelusuran pustaka pada jurnal yang dapat dipertanggungjawabkan dalam media komik dan keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data dalam penelitian kepustakaan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Komik fisika yang berbasis digital dapat menarik minat siswa karena dapat digunakan kapanpun dan dimanapun untuk memperkuat kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil belajar siswa dapat lebih efektif dan kontekstual. Hasil penelusuran pustaka yang diperoleh menunjukkan bahwa media komik bermanfaat dalam melatih keterampilan berpikir kritis siswa.
Critical thinking skills, namely intelligence, is needed by students in the 21st century period. Interpretation, analysis, evaluation, conclusions, and explanations are some of the cognitive indicators of critical thinking. One way to practice impressive critical thinking skills is to use comics as media. Comics are one of the benefits of improving the learning process because they have several aspects that can attract students' learning interest to understand the material to be conveyed through visualizing images and stories in comics. The research was intended to explain comic media's effectiveness to train students' critical thinking skills in learning physics. The research used a literature search in journals that can be accounted for in comic media and critical thinking skills. Data analysis techniques in library research applied descriptive qualitative research. Physics comics that are digital-based can attract students' interest because they can be used anytime and anywhere to strengthen students' critical thinking skills. The learning outcomes of students can be more effective and contextual. The literature search results obtained indicate that comic media is useful in training students' critical thinking skills.