Development of QR Code-Based Analysis Card Learning Media on Monetary Policy and Fiscal Policy Material
Terbatasnya penggunaan media dalam pembelajaran, ketertarikan peserta didik akan metode diskusi tentang studi kasus, serta adanya teknologi QR Code sebagai wujud revolusi industri yang telah banyak digunakan dalam pendidikan, membuat peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran Analysis Card yang memanfaatkan QR code untuk mengakses pertanyaan dalam media. Media ini diharapkan dapat membuat peserta didik menjadi lebih tertarik dengan pembelajaran, sehingga pembelajaran akan lebih efektif yang diikuti dengan peningkatan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, efektifitas, serta respon dari peserta didik terhadap media Analysis Card. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D Thiagarajan. Desain penelitian ini menggunakan pra dan post eksperimen, yang terdiri dari 16 peserta didik kelompok eksperimen dan 7 peserta didik kelompok kontrol. Dari keseluruhan penelitian didapatkan hasil bahwa media Analysis Card dapat digunakan tetapi perlu dilakukan revisi kecil. Nilai antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki berbedaan yang signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan cukup efektif digunakan pada materi kebijakan moneter dan kebijakan fiskal. Respon peserta didik dalam penggunaan media juga bernilai positif, yang berarti media dapat diterima dengan baik.
Kata Kunci: media, peserta didik, kelompok.
The limited use of media in learning, students interest in the method of discussion of case studies, as well as the existence of QR code technology as a form of industrial revolution that has been widely used in education, makes researchers want to develop Analysis Card learning media that utilize QR code to access questions in the media. This media is expected to make students more interested in learning, so learning will be more effective followed by an increase in learning outcomes. This study aims to determine the feasibility, effectiveness, and response of students to the Analysis Card media. This type of reseacrh is development research that use a Thiagarajan 4D model. This research design used pre and post experiment, which consists of 16 students in experimental group and 7 students in control group. From all the research results that Analysis Card media can be use but small revisions need to be done. Score between the experimental group and the control group had a significant difference, so it was concluded that the developed media was effective enough to be used on material monetary policy and fiscal policy. Student responses in media usage is also positive, which means the media can be well received.
Keywords: reseacrh, media, student, group.