PENERAPAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING PADA APLIKASI CHATBOT SEBAGAI ASISTEN VIRTUAL UMKM HAFIDZ PIGURA
APPLICATION OF NATURAL LANGUAGE PROCESSING IN CHATBOT APPLICATION AS A VIRTUAL ASSISTANT FOR HAFIDZ PIGURA UMKM
Chatbot adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk menstimulasikan sebuah percakapan atau komunikasi yang interaktif kepada pengguna (manusia) baik melalui text, suara ataupun visual. Chatbot telah banyak dimanfaatkan untuk tujuan praktis seperti bantuan online, layanan personal, atau akuisisi informasi. Seiring perkembangan yang pesat diperlukan respon yang cepat tidak terkecuali dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah Hafidz Pigura. Pada penelitian ini teknologi chatbot dirancang dengan menggunakan Natural Language Processing (NLP) melalui dialogflow yang terdiri dari agent, intent dan training phrase. Hasil uji coba melalui messenger menunjukkan sistem chatbot yang telah dirancang dapat bekerja dengan baik dan memberikan respon sesuai dengan kata kunci atau masukan yang terdapat pada training prhase dan respon yang sesuai.
A chatbot is a computer program designed to stimulate an interactive conversation or communication to users (humans) either through text, voice or visuals. Chatbots have been widely used for practical purposes such as online assistance, personal services, or information acquisition. Along with rapid development, a quick response is needed, including in the Micro, Small and Medium Enterprises of Hafidz Pigura. In this study, chatbot technology is designed using Natural Language Processing (NLP) through dialogflow consisting of agents, intents and training phrases. The results of the trial through messenger show that the chatbot system that has been designed can work well and provide responses according to keywords or inputs contained in the training prhase and appropriate responses.