Instagram Story Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Kelas X Semester I
Instagram Story as a Learning Media for German Writing Skills Class X Semester I
Keterampilan menulis merupakan keterampilan produktif yang paling kompleks dibanding tiga keterampilan berbahasa yang lain, yaitu membaca, mendengar, dan berbicara (Nurgiyantoro, 1987 : 270). Terlebih dalam mempelajari bahasa Jerman di sekolah sebagai bahasa asing kedua setelah bahasa Inggris Bahasa Jerman memiliki keunikan pada gramatikanya dengan memungkinkan perubahan kata kerja sesuai subjek yang digunakan, adanya artikel pada setiap kata benda, dan kata benda yang harus selalu menggunakan huruf kapital di awal. Hal-hal tersebut merupakan poin penting yang dibutuhkan dalam keterampilan menulis, terutama menulis tingkat pemula (Wassid dan Sunendar, 2008 : 292). Dengan adanya fakta-fakta tersebut, maka diperlukan upaya untuk membantu peserta didik bahasa Jerman melatih keterampilan menulisnya dengan cara yang menarik dan inovatif. Artikel ini menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Objek yang diteliti adalah Instagram Story dan dianalisis menggunakan teori-teori keterampilan menulis, media pembelajaran, serta Silabus Mata Pelajaran Bahasa Jerman kelas X Semester I Kurikulum 2013 (Kemendikbud) untuk materinya.
Artikel ini bertujuan untuk memberikan sebuah usulan ide mengenai inovasi dan referensi media pembelajaran untuk melatih keterampilan menulis bahasa Jerman. Kelebihan yang ditemukan dalam media ini adalah: 1) peserta didik dapat belajar berlatih tentang materi yang telah dipelajari secara mandiri, 2) media yang efisien, karena pendidik dapat memberikan latihan kapan pun dan dimana pun, 3) peserta didik juga dapat menjawabnya kapan saja dan dimana saja, 4) media pembelajaran yang menyenangkan karena dapat dilakukan sambil bersosial media dan, 5) mengedukasi pengguna Instagram lain tentang bahasa Jerman. Sedangkan kekurangannya berupa: 1) membutuhkan koneksi internet, 2) Template pada artikel hanya didesain untuk satu tema dan 3) jika akan digunakan untuk materi lain maka dibutuhkan pendesainan ulang.
Writing skills are the most complex productive skills compared to the other three language skills: reading, listening and speaking (Nurgiyantoro, 1987: 270). Especially in learning German at school as a second foreign language after English. German is unique in its grammar by allowing changes to verbs according to the pronoun used, the existence of articles on each noun, and nouns that must always use capital letters at the beginning. These are important points needed in writing skills, especially at beginner level writing (Wassid and Sunendar, 2008: 292). With these facts, efforts are needed to help German learners practice their writing skills in an interesting and innovative way. This article uses a literature study method with a qualitative approach. The object studied was Instagram Story and analyzed using theories of writing skills, learning media, and Syllabus for German Language Subjects class X Semester I Curriculum 2013 (Kemendikbud) for the material.
This article aims to provide a suggestion of ideas about innovation and reference for learning media to practice German writing skills. The advantages found in this media are: 1) students can practice about the material that has been studied independently, 2) efficient media, because educators can provide the writing exercises anytime and anywhere, 3) students can also do the exercises anytime and anywhere, 4) a fun learning media, because it can be done while socializing, and 5) promote and educate other Instagram users about the German language. While the disadvantages are: 1) requires an internet connection, 2) The template in this article is only designed for one theme, and 3) if it is to be used for another materials, a redesign is required.