Strategi Kepala Sekolah dalam Membentuk Karakter Pemimpin pada Peserta Didik di SD AL- Falah Surabaya
Principal's Strategy in Forming Leader Character in Students at SD AL- Falah Surabaya
Kualitas pendidikan Indonesia yang kurang, menjadikan pemerintah memberikan perhatian khusus, salah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan yaitu dengan membuat kebijakan tentang penyelenggaraan pendidikan karakter, adanya kebijakan tersebut membuat Dinas Pendidikan Kota Surabaya menjadikan pendidikan karakter sebagai program prioritas, dengan adanya himbauan tersebut kepala sekolah SD AL-Falah Surabaya membuat strategi yang diwujudkan dalam program kegiatan untuk membentuk karakter yang penting di era saat ini yaitu karakter pemimpin pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis program kegiatan duta sekolah di SD Al-Falah Surabaya (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis program kegiatan studi kontekstual di SD Al-Falah Surabaya (3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis program kegiatan studi kontekstual di SD Al-Falah Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi & studi dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) Duta sekolah adalah program untuk membentuk karakter pemimpin pada sisiwa yang terdiri dari 8 bidang dengan tahap penyeleksian, pelatihan, pelaksanaan dan pembiasaan. Pada program ini siswa telah menunjukkan sikap tanggung jawab, mampu memberi pengaruh positif, berjiwa sosial, disiplin, punya inisiatif, tegas dan berani, yang merupakan sikap seorang pemimpin. (2) Program studi kontekstual bertujuan untuk menggali potensi dan membentuk karakter pemimpin pada siswa. kegiatan ini dilaksanakan di luar sekolah dengan berbagai macam kegiatan. (3) Program pembiasaan Islami dilakukan untuk membentuk karakter positif siswa yang terdiri dari pembiasaan harian dan hari tertentu, program ini berkolaborasi dengan wali siswa sebagai pengawas melalui adanya buku penghubung
The quality of Indonesian education is lacking, making the government pay special attention, one of the efforts to improve the quality of education is by making policies on the implementation of character education, the existence of this policy has made the Surabaya City Education Office make character education a priority program, with this appeal the principal of SD AL-Falah Surabaya made a strategy that was realized in an activity program to form characters that are important in the current era, namely the character of leaders in students. The objectives of this study are (1) To describe and analyze the school ambassador activity program at SD Al-Falah Surabaya (2) To describe and analyze the contextual study activity program at SD Al-Falah Surabaya (3) To describe and analyze the contextual study activity program at SD Al-Falah Surabaya. This research uses a qualitative method of case study approach with data collection techniques of interview, observation & documentation study. The conclusions of this study are (1) School ambassador is a program to shape the character of leaders in students consisting of 8 fields with the stages of selection, training, implementation and habituation. In this program students have shown an attitude of responsibility, able to have a positive influence, social spirit, discipline, initiative, assertiveness and courage, which is the attitude of a leader. (2) The contextual study program aims to explore the potential and shape the character of leaders in students. this activity is carried out outside school with various activities. (3) The Islamic habituation program is carried out to form positive student characters consisting of daily habituation and certain days, this program collaborates with student guardians as supervisors through the existence of a liaison book.