Development of a picture story book level C are expected to improve your reading skills of grade 2 elementary school students
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku cerita bergambar jenjang C sebagai upaya meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas 2 sekolah dasar. buku cerita yang dihasilkan sebanyak tiga buku dengan judul yang berbeda, yaitu Biografi Jokowi, Kucingku, dan Gelap.
Desain penelitian dan pengembangan yang dipilih dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan yang mengadaptasi model 4-D dari Thiagarajan. R&D adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Produk yang didesain dalam penelitian ini yaitu berupa buku cerita bergambar jenjang C. Hasil dari penelitian dan pengembangan buku cerita bergambar jenjang C diharapkan dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas 2 sekolah dasar.
Hasil penelitian pengembangan buku cerita bergambar jenjang C yang menggunakan tahap Define, Design, Develop, Disseminate, menunjukkan validasi ahli isi sebesar 97,8%, validasi ahli kebahasaan 93,1%, dan validasi kegrafikan sebesar 93% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan produk ini dinilai dari hasil aktivitas guru sebesar 95,4%, aktivitas siswa sebesar 87,2%, dan respon siswa sebesar 88,2% dengan kategori sangat baik. Keefektifan produk dinilai dari tes keterampilan membaca pemahaman menggunakan pretest dan posttest yang menggunakan rumus n-gain. Hasil pretest sebesar 60,79 dengan kategori tidak tuntas, sedangkan posttest sebesar 86,32 dengan kategori tuntas. Ketuntasan tersebut mengacu pada ketuntasan minimal siswa yang ditentukan oleh rapat dewan guru sebesar ≥ 72. Berdasarkan kedua data tersebut terdapat peningkatan rata-rata nilai keterampilan membaca pemahaman sebelum dan sesudah diterapkannya buku cerita bergambar jenjang C. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas 2 berkategori tinggi dengan nilai skor rata-rata n-gain sebesar 0,78.
This study aims to produce a picture book with level C as an effort to improve reading skills of second grade students in elementary school. story books produced as many as three books with different titles, namely Biography Jokowi, My cat, and Dark.
The research and development design chosen in this study uses a development model that adapts the 4-D model from Thiagarajan. R&D is Research methods used to produce certain products, and test their effectiveness. The product designed in this study is picture story book level C. The results of research and the development of the picture storybook level C are expected to improve your reading skills of grade 2 elementary school students.
Research result of developing a picture book with level C stages used in this study include Define, Design, Develop, Disseminate. The results of content expert validation are 97.8%, language expert validation is 93.1%, and graphic validation is 93% with very valid criteria. The practicality of this product was assessed from the results of the teacher's activities at 95.4%, student activities at 87.2%, and student responses at 88.2% in the excellent category. The effectiveness of the product is assessed from the reading comprehension skills test by using the pretest and posttest using the n-gain formula. The results of the pretest were 60.79 with the incomplete category, while the posttest was 86.32 with the complete category. The completeness refers to the minimum completeness of students determined by the teacher council meeting of ≥ 72. Based on these two data, there is an increase in the average value of reading comprehension skills before and after the implementation of level picture books. the average n-gain score of 0.78.