PERAN GURU DAN ORANG TUA UNTUK INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTIS DALAM KEGIATAN ROLE PLAYING
THE ROLE OF TEACHERS AND PARENTS FOR SOCIAL INTERACTION OF AUTIST CHILDREN IN ROLE PLAYING ACTIVITIES
Abstrak
Interaksi sosial merupakan hal terpenting yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat, di lain sisi, jika interaksi sosial belum berkembang sebagaimana mestinya, pastinya akan merugikan individu di masa depannya. Hambatan dalam interaksi sosial adalah salah satu ciri hambatan yang dialami oleh Anak dengan Spektrum Autisme (ASA). Dibutuhkan dukungan penuh di lingkungan anak, termasuk peranan orang tua yang membina penuh saat di rumah, dan guru yang mendidik selama berada di lingkungan sekolah. Maka untuk memaksimalkan potensi dalam berinteraksi sosial, kegiatan yang mendukung harus dijalankan, salah satunya melalui role playing. dari itu suatu kegiatan yang bersifat mendidik tetap harus di lakukan oleh kedua peran ini, contohnya adalah kegiatan role playing.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran guru dan orang tua dalam interaksi sosial anak autis melalui kegiatan role playing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini studi literatur dengan telaah kepustakaan dari buku, jurnal nasional, jurnal internasional yang berkaitan dengan penelitian . Literatur dengan sumber data 12 artikel dari jurnal SINTA , dan chapter buku diakses melalui google scholar, science direct, dan TRID sebagai pengumpulan data dalam penelitian. Teknik analisis data diperoleh dari kajian literatur yang disusun sebagai acuan analisis dalam indikator penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran guru mempersiapkan kegiatan bermain peran dengan konsep yang mudah untuk mendukung anak bersosialisasi dengan teman di sekolah. Peran orang tua mengendalikan emosional anak autis dengan kegiatan bermain peran untuk memudahkan anak autis memahami peran bagian-bagian dalam keluarga. Simpulan penelitian ini bahwa peran guru dan orang tua mendorong anak dapat berinteraksi sosial dengan kegiatan bermain peran.
Kata Kunci : guru, orang tua, interaksi sosial, autisme, role playing
Abstract
Social interaction is the most important thing needed in social life, on the other hand, if social interaction has not developed properly, it will certainly harm individuals in the future. Barriers in social interaction are one of the characteristics of barriers experienced by Children with Autism Spectrum (ASA). Full support is needed in the child's environment, including the role of parents who fully foster while at home, and teachers who educate while in the school environment. So to maximize the potential in social interaction, supporting activities must be carried out, one of which is through role playing. Therefore, an educational activity must still be carried out by these two roles, for example, role playing activities.
The purpose of this research is to describe the role of teachers and parents in the social interaction of autistic children through role playing activities. The research was conducted based on the fact that autistic children are not easy to interact socially in a new environment so that several strategies are needed, one of which is role playing activities. This literature study research method includes data search, data selection and data analysis. The data search was done by searching for national and international accredited journals. This data is then sorted based on the specified criteria for further analysis using descriptive qualitative techniques. The results of the study indicate that the roles of teachers and parents affect the level of social interaction of autistic children in the implementation of role playing activities.
Keywords : teacher, parents, social interactions, autism.