Akses Sekolah Pada Anak Usia Dini dan Perbedaan Perkembangan Fisik dab Bahasa Di Desa Songowareng
Access to Schools in Early Childhood and Differences in Physical Development and Language in Songowareng Village
Masa anak-anak terjadi pertumbuhan dasar yang akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Pada masa balita ini perkembangan kemampuan fisik motorik dan bahasa berjalan secara beriringan. Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang untuk mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana perbedaan perkembangan fisik motorik dan bahasa anak yang bersekolah dan tidak bersekolah. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Dari kajian yang diperoleh hasil bahwa perkembangan fisik dan bahasa anak usia dini yang mengikuti PAUD lebih baik dari pada perkembangan fisik dan bahasa anak usia dini yang tidak mengikuti PAUD, terdapat faktor internal yang mempengaruhi yaitu setiap informan atau setiap anak memiliki latar belakang orang tua yang berbeda, serta pola asuh yang diterapkan setiap orang tua juga berbeda ,serta teman atau lingkungan anak.
Kata Kunci: Perkembangan fisik, Perkembangan bahasa, Orang tua
During childhood, there is basic growth that will influence and determine the next child's development. During this toddler stage, the development of physical motor skills and language goes hand in hand. Education is the process of changing the attitude and behavior of a person or group of people to mature humans through teaching and training efforts. The purpose of this study was to determine the extent of differences in motor and language physical development of children who attend school and not. This research method uses a qualitative approach. Methods of data collection through interviews, observation and documentation. From the study, the results show that the physical and language development of early childhood who participate in early childhood education is better than the physical and language development of early childhood who do not participate in early childhood education, there are internal factors that influence, namely each informant or each child has a different parental background. and the parenting style applied by each parent is also different, as well as the child's friends or environment.
Keywords: Physical development, Language development, Parents