Development of Fashion Design Tutorial Video Media Using Sketchbook Application in Class XI DPB SMKN 1 Singgahan
Perkembangan informasi dan teknologi merupakan salah satu pendukung untuk mengembangkan inovasi pembelajaran khususnya pada media pembelajaran. Banyak manfaat yang didapatkan dengan menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar, seperti membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan membawa pengaruh psikologi terhadap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) untuk mengetahui tingkat kelayakan media video tutorial pembuatan desain busana kerja menggunakan aplikasi sketchbook dan 2) mengetahui hasil respon siswa menggunakan media video tutorial pembuatan desain busana kerja dengan aplikasi sketchbook. Penelitian ini dilakukan di dalam kelas XI DPB SMKN 1 Singgahan dalam mata pelajaran desain busana kompetensi dasar membuat desain busana kerja wanita secara digital pada bulan Desember tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengembangan Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Jumlah responden sebanyak 25 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa angket kelayakan media dan hasil respon siswa. Metode analisis data pada penelitian ini dengan analisis deskriptif dengan menghitung rerata hasil observasi dan mengkategorikan data. Hasil temuan dari penelitian ini ialah: 1) Kelayakan media video tutorial pada kompetensi desain busana kerja di kelas XI DPB SMKN 1 Singgahan diperoleh hasil rata-rata sebesar 71% dengan kategori cukup layak oleh ahli materi dan ahli media. 2) Hasil respon siswa kelas XI DPB SMKN 1 Singgahan menggunakan angket respon siswa sebanyak 25 siswa memperoleh skor presentase rata-rata total 98% dengan kriteria Sangat baik.
The development of information and technology is one of the supporters in developing innovations in learning, especially in learning media. Many benefits are obtained by using learning media in the teaching and learning process, such as arousing new desires and interests, motivating and stimulating learning activities, and influencing students' psychology. This study aims to describe: 1) to determine the feasibility level of video tutorial media for making work fashion designs using the Sketchbook application and 2) to determine the results of students' responses using video tutorial media for making work fashion designs with the Sketchbook application. This research was conducted in class XI DPB SMKN 1 Singgahan in the subject of fashion design with the basic competence of digitally making women's work fashion designs in December of the academic year 2023/2024. This type of research is quantitative descriptive research with Research and Development development using the ADDIE development model. The number of respondents was 25 students. The data collection instrument was a media feasibility questionnaire and student response results. The data analysis method in this study was descriptive analysis by calculating the average results of observations and categorizing the data. The findings of this study are: 1) The feasibility of video tutorial media on work fashion design competency in class XI DPB SMKN 1 Singgahan obtained an average score of 71% with the category of quite feasible by material experts and media experts. 2) The results of student responses from class XI DPB SMKN 1 Singgahan using a student response questionnaire, with 25 students obtaining a total average percentage score of 98% with the criteria of excellent.