Pengembangan Media Pembelajaran Visual Novel “Plus And Minus” Untuk Materi Bilangan Bulat SMP
Development of "Plus And Minus" Visual Novel Learning Media for Junior High School Integer Number
Di era teknologi saat ini, penggunaan teknologi menjadi hal yang penting dalam dunia pendidikan. Trends in Mathematics and Science Study (TIMSS) 2019 menekankan pentingnya penggunaan teknologi pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan pengajaran. Para pendidik perlu melakukan penyesuaian untuk mengembangkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan media teknologi dalam pembelajaran. Dengan demikian maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran sebagai suplemen pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan media pembelajaran “Plus And Minus” yang ditinjau dari yang ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi media untuk ahli media, lembar validasi media untuk ahli materi, lembar angket respon peserta didik dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata kevalidan 3,12 dari 4 (78%) oleh ahli media dan 2,78 dari 4 (69,5%) oleh ahli materi sehingga dapat dikategorikan bahwa media pembelajaran “Plus And Minus” ini valid. Uji coba media pembelajaran ini dilakukan secara terbatas kepada 30 siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Mojowarno untuk memperoleh data dari kepraktisan (angket respon peserta didik) dan keefektifan media (lembar skor tes hasil belajar).
Hasil dari penelitian setelah diujicoba dan dievaluasi, bahwa media pembelajaran dinyatakan praktis dengan kategori baik mendapat nilai 3,02 atau persentase sebesar 75.5%. Kriteria efektif diperoleh dari hasil skor tes hasil belajar. Media pembelajaran dinyatakan efektif dengan kategori baik mendapat nilai persentase sebesar 60,46667%.
In the current technological era, the use of technology is important in the world of education.Trends in Mathematics and Science Study (TIMSS) 2019 emphasizes the importance of using learning technology to increase the effectiveness of learning and teaching. Educators need to make adjustments to develop the quality of learning by using technological media in learning. Thus it is necessary to develop learning media as a learning supplement.
The purpose of this research is to find out the process and results of the development of instructional media "Plus And Minus” in terms of validity, practicality, and effectiveness. This research is a development research using the ADDIE model which consists of 5 stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The instruments used include media validation sheets for media experts, media validation sheets for material experts, student response questionnaire sheets and learning achievement test sheets. Based on the results of the research that has been done, an average validity value of 3.12 out of 4 (78%) is obtained by media experts and 2.78 out of 4 (69.5%) by educational matter experts so that it can be categorized as learning media "Plus And Minusthis is valid. This learning media trial was conducted on a limited basis to 30 class VII-A students of SMP Negeri 1 Mojowarno to obtain data from practicality (student response questionnaires) and media effectiveness (learning achievement test score sheets).
The results of the research after being tested and evaluated, that learning media is declared practical with a good category gets a score of 3.02 or a percentage of 75.5%. Effective criteria are obtained from the results of the learning outcomes test scores. Learning media is declared effective with a good category with a percentage value of 60.46667%.