EKSPLORASI PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP MATA KULIAH AKUNTANSI FORENSIK DALAM KURIKULUM AKUNTANSI
https://ejournal.internasional.org/index.php/finance/article/view/46/35
Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menggali pandangan mahasiswa tentang mata kuliah akuntansi forensik yang telah dimasukkan dalam kurikulum akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Variabel bebas dalam penelitian ini meliputi kebutuhan, manfaat, pendekatan yang tepat, dan topik pembahasan mengenai kecurangan. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi di Surabaya yang sudah mengikuti mata kuliah audit. Hasil dari penelitian ini adalah pada variabel kebutuhan responden merasa bahwa kasus fraud banyak terjadi akhir – akhir ini, praktik audit dan akuntan forensik dirasa sudah cukup tanggap dalam mendeteksi terjadinya fraud, serta permintaan jasa atas akuntan forensik akan meningkat kedepannya. Variabel manfaat, seluruh pernyataan manfaat tersebut direspon dengan positif oleh rata – rata responden. Pendekatan yang tepat untuk pengintegrasian mata kuliah akuntansi forensik adalah mata kuliah akuntansi forensik sebagai mata kuliah yang berdiri sendiri. Terdapat 13 pilihan topik bahasan fraud yang iii seluruhnya direspon positif untuk diintegrasikan pada mata kuliah akuntansi forensik. Kata Kunci : Mahasiswa Akuntansi, Akuntansi Forensik, Kurikulum
This research aims to understand and explore students' perceptions of the forensic accounting course that has been incorporated into the accounting curriculum. The study employs a quantitative approach using questionnaires as the data collection tool. The independent variables in this research include needs, benefits, appropriate approaches, and fraud discussion topics. The sample for this study consists of accounting students in Surabaya who have taken the auditing course. The results of this study indicate that for the needs variable, respondents feel that fraud cases have been occurring frequently recently, audit practices and forensic accountants are considered adequately responsive in detecting fraud, and the demand for forensic accountant services is expected to increase in the future. The benefits variable comprises nine benefit statements, all of which received positive responses from the majority of respondents. According to respondents, the appropriate approach for integrating the forensic accounting course is to make it a standalone course. There are 13 fraud discussion topic options, all of which received positive responses for integration into the forensic accounting course. Keywords: Accounting Students, Forensic Accounting, Curriculum