Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa
Application of Discovery Learning Model to Improve Students’ Communication SkillsÂ
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan keterampilan komunikasi tertulis siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning pada materi pemanasan global. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperiment. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa SMPN 58 Surabaya kelas VII-A yang berjumlah 30. Instrumen penelitian berupa lembar tes keterampilan komunikasi tertulis yang berjumlah lima soal uraian, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran discovery learning, dan lembar angket respons siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan angket. Data penelitian dianalisis melalui hasil keterlaksanaan model discovery learning, lembar tes keterampilan komunikasi tertulis, dan data angket respons siswa. Hasil keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua diperoleh persentase antara 93,75%-100% dengan kategori sangat baik, skor N-Gain pada indikator mendeskripsikan objek memperoleh skor 0,90 dengan kategori tinggi, indikator menerapkan konsep pengetahuan dengan tepat dan sesuai materi dan memperjelas dengan kalimat pendukung memperoleh skor 0,54 dengan kategori sedang, indikator membuat tabel dan grafik memperoleh skor 0,81 dengan kategori tinggi, indikator menganalisis dan mengolah data hasil pengamatan melalui tabel/ grafik/ diagram memperoleh skor 0,82 dengan kategori tinggi, dan indikator menuliskan hasil kegiatan suatu peristiwa memperoleh skor 0,98 dengan kategori tinggi, skor N-Gain untuk seluruh indikator keterampilan komunikasi tertulis diperoleh 0,81 dengan kategori tinggi, dan pada angket respons siswa diperoleh rata-rata keseluruhan aspek 86,67% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model discovery learning dapat meningkatkan keterampilan komunikasi tertulis siswa berdasarkan rata-rata skor N-Gain dari seluruh indikator keterampilan komunikasi tertulis.
Kata Kunci: Keterampilan Komunikasi, Discovery Learning, Pemanasan Global
This study was conducted to determine the improvement of students' written communication skills using discovery learning learning models on global warming materials. The type of research used is experimental. The subject of the study was SMPN 58 Surabaya grade VII-A students who numbered 30. The research instruments are written communication skills test sheets totaling five description questions, observation sheets of discovery learning implementation, and student response questionnaires. Data collection techniques are carried out by test, observation, and questionnaire methods. The research data was analyzed through the results of the implementation of the discovery learning model, written communication skills test sheet, and student response questionnaire data. The results of the implementation of learning at the first meeting and the second meeting obtained a percentage between 93.75%-100% with an excellent category, N-Gain score on the indicator describes the object scored 0.90 with a high category, the indicator applies the concept of knowledge appropriately and according to the material and clarifies with supporting sentences obtain a score of 0.54 with a moderate category, indicators make tables and graphs score 0.81 with a high category, indicators analyze and process observation data through tables / graphs / charts get a score of 0.82 with a high category, and indicators write the results of activities of an event obtained a score of 0.98 with a high category, N-Gain scores for all indicators of written communication skills were obtained 0.81 with a high category, and in the questionnaire the student response obtained an overall average of 86.67% aspects with excellent categories. The conclusion of this study is that learning with discovery learning model can improve students' written communication skills based on the average N-Gain score of all indicators of written communication skills.
Keywords: Communication Skills, Discovery Learning, Global Warming