ABSTRAKSuryono, 2019. Model Pembelajaran Pride dalam Upaya Meningkatkan Kesamaptaan Jasmani Taruna Akademi TNI Angkatan Laut. Tesis. Program Studi Pendidikan Olahraga. Pascasarjana Universitas Negeri. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Made Sriundy Mahardika, M.Pd. dan Pembimbing (II) Dr. Abdul Rachman Tuasikal, M,Pd.Kata kunci: Model Pembelajaran Pride, Kesamaptaan Jasmani, Renang GayaBebas, Road and Field, Tes Kebugaran Jasmani.Pelajaran kesamaptaan jasmani yang teridiri materi renang gaya bebas, road and field dan tes kebugaran jasmani merupakan salah satu mata pelajaran praktek, menjadi salah satu aspek yang menentukan kelulusan Taruna di Akademi TNI Angkatan Laut. Upaya untuk meningkatkan kesamaptaan jasmani Taruna, peneliti mengembangkan suatu model pembelajaran pride yaitu dengan tahapan (P) Pemahaman Konsep, (R) Refleksi, (I) Implementasi, (D) Drill (E) Evaluasi.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisa tentang (1) produk model pembelajara pride untuk meningkatkan kesamaptaan jasmani, (2) efektifitas model pembelajaran pride untuk meningkatkan kemampuan renang gaya bebas, (3) efektifitas model pembelajaran pride untuk meningkatkan kemampuan road and field (jalan dan lari), (4) efektifitas model pembelajaran pride untuk meningkatkan kemampuan tes kebugaran jasmani, (5) perbedaan efektifitas model pembelajaran pride dibandingkan pembelajaran lama.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development ) yaitu dengan mengembangkan suatu produk dan kuantitatif yaitu dengan membandingkan dokumen hasil pre tes dan pos tes kelompok yang tidak diberikan perlakuan model pembelajaran dengan kelompok yang diberikan perlakuan model pembelajaran. Rancangan dan analisis penelitian ini menggunakan Anova. Proses pengambilan data dilakukan dengan T-test untuk tes renang gaya bebas jarak 50 meter, road and field jarak 3000 meter dan tes kebugaran jasmani saat pre tes dan pos tes.Hasil penelitian berdasarkan uji-T menunjukkan bahwa nilai T-hitung antara pre tes dan pos tes dari kelompok yang tidak diberikan perlakuan dan yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran pride yaitu, (1) kelompok tanpa perlakuan 76,89 renang gaya bebas, 77,05 road and field dan 162,11 tes kebugaran jasmani, (2) kelompok dengan perlakuan 80,84 renang gaya bebas, 82,74 road and field dan 169,47 tes kebugaran jasmani.Berdasarkan analisa di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pride hasil pengembangan peneliti relevan digunakan dalam pelajaran kesamaptaan jasmani karena ada perbedaan hasil yang lebih meningkat pada kelompok yang diberikan perlakuan dibandingkan kelompok yang tidak diberikan perlakuan. Selain itu dapat meningkatkan kemampuan renang gaya bebas, road and field dan tes kebugaran jasmani dilihat dari hasil uji-t.
ABSTRACTPhysical fitness lesson that consists of freestyle swimming material, road and field, physical fitness test are one of the practical subjects, becoming one of the aspects that determine the graduation of cadets in the Indonesian naval academy. In order to improve cadets physical fitness, researchers develop a pride learning model using the following stages; (P) understanding concepts, (R) Reflection, (I) Implementation, (D) Drill, and (E) Evaluation. The purpose of this study is to analyze (1) the product of the pride learning model to improve physical fitness, (2) the effectiveness of the pride learning model to improve freestyle swimming abilities, (3) the effectiveness of the pride learning model to improve physical fitness test abilities, (5 ) the difference in effectiveness of the pride learning model compared to old learning. Research type used is research and development, by developing a product and quantitative compared to the documents of the results of the pre-test and post-test groups that are not treated by the learning model. The design and analysis of this study uses Anova. The data collection process uses a T-test for the 50 meter freestyle swimming test, road and field 3000 meters and physical fitness test during the pre test and post test. The results of the study based on the T-test shows that the calculated value between the pre-test and post-test of the group that is not given treatment and that was given treatment with the pride learning model were, (1) the untreated group 76,89 freestyle, 77, 05 road and field and 162.11 physical fitness tests, (2) groups treated with 80.84 freestyle swimming, 82.74 road and field and 269, 47 physical fitness test. Based on the above analysis, it can be concluded that the pride learning model the results of the development of relevant researchers are used in physical fitness learning because there are more differences in results in the treated group than the untreated group. In addition, it can improve the ability of free style swimming, road and field and physical fitness test seen from the results of the T-test.KEYWORDS: pride learning model, physical fitness, freestyle swimming, road and field, fitness test.