MEDIA
PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
DAN MOTIVASI SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN
Nama
:
Sephia
Ummiyatil Azizah
NIM
:
19050974060
Program
Studi
:
S1
Pendidikan Teknologi Informasi
Fakultas
:
Teknik
Nama
Lembaga
:
Universitas
Negeri Surabaya
Dosen
Pembimbing
:
Dr.
Yeni Anistyasari, S.Pd., M.Kom.
Desain Grafis
Percetakan (DGP) merupakan mata pelajaran wajib yang berhubungan dengan
teknologi desain grafis komputer. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan
yaitu terdapat keterbatasan fasilitas dalam menunjang proses pembelajaran pada
mata pelajaran Desain Grafis Percetakan. Fasilitas yang dimilki oleh SMK Negeri
1 Kemlagi antara lain kamera handycam , kamera DSLR, dan tripod. Sehingga
pada saat praktikum fotografi banyak siswa yang tidak bisa melakukan praktikum.
Oleh karena itu, pengembangan media
pembelajaran Augmented Reality DGP merupakan solusi yang efektif dalam
mengatasi permasalahan yang terjadi.
Pengembangan yang dilakukan menggunakan model 4D terdiri dari empat langkah: Define (Mendefinisikan), Design
(Merancang), Develop (Mengembangkan) dan Disseminate
(Menyebarluaskan) . Dalam tahapan
tersebut proses validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Hasil
belajar siswa dilakukan analisis menggunakan uji T untuk mengetahui apakah ada
perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Augmented Reality DGP . Respon dan motivasi belajar siswa didapatkan dengan memberikan angket
kepada siswa setelah menggunakan media pembelajaran Augmented Reality DGP.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu
validasi media mendapatkan nilai 0,93 dan validasi materi mendapatkan nilai
0,87 yang dikategorikan dalam validitas “Sangat Tinggi”. Hasil uji T juga
menunjukkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality DGP dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai t hitung > t tabel
yaitu 17,089 > 2,0395. Selain itu hasil dari respon siswa mendapatkan nilai
rata-rata 85,29% dengan kategori “Sangat Baik” serta hasil dari motivasi
belajar siswa yang mendapatkan nilai rata-rata 89,97% dengan kategori “Sangat
Tinggi”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality
DGP valid dan efisien dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar
siswa.
Kata Kunci : Media
Pembelajaran, Augmented Reality, Desain Grafis Percetakan