Menulis adalah salah satu dari empat keterampilan bahasa dalam belajar bahasa Inggris yang harus dikuasai oleh siswa. Namun, ada beberapa faktor yang menghambat siswa dalam menulis, yaitu faktor internal dan eksternal. Pertama, faktor internal muncul dari kurangnya pengetahuan siswa. Sementara kendala yang berasal dari faktor eksternal muncul karena guru tidak mengajar menulis dengan teknik yang sesuai. Guru juga tidak memberikan materi atau media yang menarik dalam kegiatan menulis siswa. Untuk membuat siswa merasa termotivasi dan memiliki keinginan untuk belajar, guru harus mengajar dengan materi dan media yang menarik. Salah satu media yang menarik untuk mengajar menulis adalah Instagram. Masalah ini memotivasi peneliti untuk melakukan penelitian tentang penggunaan Instagram Post untuk membantu siswa kelas sepuluh dalam menulis teks recount.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Post Instragram adalah media yang cocok bagi siswa untuk mempraktikkan tulisan mereka atau tidak. Bagaimana guru mengimplementasikan media ini (Instagram Post) selama proses belajar mengajar, bagaimana hasil tulisan siswa dalam teks recount selama implementasi posting Instagram dan bagaimana siswa merespons terhadap penggunaan Instagram Post untuk membantu mereka dalam menulis teks recount .
Selanjutnya, penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan 26 peserta yang terdiri, seorang guru bahasa Inggris dan 25 siswa X PDCI MAN 1 Mojokerto. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan posting Instagram untuk membantu siswa kelas sepuluh dalam menulis teks recount.
Berasal dari hasil rangkaian pengamatan, tulisan siswa, dan wawancara, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi positif dalam menggunakan pos Instragram sebagai media untuk menulis. Sebagian besar siswa juga memiliki kemauan untuk menggunakan Instagram Post sebagai media untuk melatih keterampilan menulis mereka. Para siswa mendukung penggunaan Instagram sebagai media karena mereka senang menggunakannya. Selanjutnya, hasil tulisan siswa cukup mengesankan. Sebagian besar siswa mampu menulis teks recount dengan kesalahan kecil. Kesalahan utama adalah dari fitur bahasa, kebanyakan dari mereka salah dalam penggunaan Verb 2. Karena alasan itu, itu menyiratkan bahwa Instagram adalah media yang tepat untuk melatih kemampuan menulis siswa.
Kesimpulannya, Instagram dapat diimplementasikan sebagai media untuk melatih kemampuan menulis siswa karena dapat membantu mereka merasa termotivasi untuk menulis teks yang tepat. Selain itu, para siswa mendapatkan pengalaman baru dalam menggunakan media pembelajaran baru.
Writing is one of the four language skills in learning English that has to be mastered by the students. However, there are several factors that obstruct students in writing, which are internal and external factor. First, internal factor arises from the lack of knowledge of the students. While the obstacle that comes from external factor arises because the teachers do not teach writing with appropriate technique. Teachers also do not provide interesting material or media in students’ writing activity. To make the students feel motivate and have the desire to learn, teacher should teach with interesting material and media. One of the interesting media to teach writing is Instagram. This problem motivates the researcher to conduct a research about the use of Instagram Post for assisting the tenth graders in writing recount text.
The purposes of this study are to find out whether Instragram Post is suitable media for the students to practice their writing or not. How the teacher implements this media (Instagram Post) during the teaching and learning process, how the students’ writing result in recount text during the implementation of Instagram post and how the students response toward the use of Instagram Post for assisting them in writing recount text.
Furthermore, this research used descriptive qualitative methodology with 26 participants consisting, an English teacher and 25 students of X PDCI of MAN 1 Mojokerto. This research aimed at describing the use of Instagram post for assisting tenth graders in writing recount text.
Derived from of sets of observation, students’ writing, and interview, the results of this research showed that the students have positive perception in using Instragram Post as media to write. Most of students also have willingness to use Instagram Post as media to practice their writing skill. The students supported the use of Instagram as media because they enjoyed using it. Furthermore, the result of students’ writing text was quite impressive. Most students were able to write recount text with minor mistakes. The main mistake is from language features, most of them were wrong in the use of Verb 2. For that reason, it implies that Instagram is an appropriate media to practice the students’ writing ability.
In conclusion, Instagram can be implemented as media to practice students’ writing ability because it can help them to feel motivated to write proper text. Moreover, the students get new experience in using new learning media.