ABSTRAK
PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI MUTASI KELAS XII MIPA DI SMA NEGERI 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG
Nama : Nauva Achruni
NIM : 15010024010
Jurusan : Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Prodi : Teknologi Pendidikan
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Khusnul Khotimah, S.Pd.,M.Pd
Berdasarkan permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung yang merupakan hasil dari observasi awal oleh peneliti ialah kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi mutasi yang diajarkan. Hal tersebut dibuktikan melalui rekap nilai peserta didik tahun sebelumnya dengan rata-rata kurang dari 75, yaitu dibawah KBM yang ditetapkan. Rendahnya nilai peserta didik dikarenakan keterbatasan media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik belum mendapatkan hasil yang maksimal dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis kebutuhan mengenai masalah dan potensi yang dilakukan oleh peneliti, maka dibutuhkan pengembangan media CAI pada mata pelajaran biologi materi mutasi.
Tujuan penelitian pengembangan media CAI ini ialah menghasilkan produk media CAI untuk mata pelajaran biologi materi mutasi, serta untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media CAI terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi materi mutasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini ialah Research and Development (R&D) Borg and Gall, dengan subjek uji coba kelas XII Mipa di SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung.
Jenis data dalam penelitian pengembangan ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif yang diperoleh pada uji kelayakan materi mutasi yang dilakukan oleh ahli materi dengan presentase 100%, dan uji kelayakan media yang dilakukan oleh ahli media dengan presentase 97%. Data kuantitatif yang diperoleh pada uji coba perorangan 91%, uji coba kelompok kecil 93%, dan uji coba kelompok besar 90%. Adapun, berdasarkan perhitungan menggunakan uji-t taraf signifikansi 5% dengan db=29, harga kritik taraf signifikansi 5%=1,69, maka diperoleh hasil 12,156≥1,69. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media CAI materi mutasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII Mipa di SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung.
Kata kunci: penelitian pengembangan, media CAI, hasil belajar.
ABSTRACT
THE DEVELOPMENT OF MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) SUBJECTS OF BIOLOGY CLASS XII MUTATIONS MATERIAL SCIENCES IN SMA NEGERI 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG
Name : Nauva Achruni
Study Program : Educational Technology
Majoring : Curriculum and Educational Technology
Faculty : Education
Institution : Surabaya State University
Advisor : Khusnul Khotimah, S.Pd.,M.Pd
Based on problems occurred in SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung which is the result of an initial observation by researchers is the lack of understanding learners against mutations material being taught. This is evidenced through recap value learners in previous years with an average of less than 75, i.e. under the KBM. The low value of learners due to the limitations of the medium of instruction used in the learning process, so that the learners have yet to get the maximum results in learning. Based on a needs analysis about the problems and potential of the made by researchers, then required the development of media CAI on the subjects of biology material mutations.
CAI media development research purposes this is the media produce a product of CAI subjects for biological material mutations, as well as to find out the feasibility and effectiveness of media CAI towards learning outcomes students on subjects of biological material mutations. Research methods used in the study of this development is the Research and Development (R&D) Borg and Gall, with the subject test class XII of Sciences in SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung.
Data types in the research of the development of this form of data qualitative and quantitative data. Qualitative data obtained on a feasibility test material mutation done by expert material with a percentage of 100%, and test feasibility of media made by media experts with a percentage of 97%. Quantitative data obtained at individual test 91%, test a small 93%, and test large groups 90%. Now, based on calculations using the t-test 5% significance level with db = 29, price critique of significance level 5% = 1.69, then retrieved results 12.156 ≥ 1.69. Therefore, it can be concluded that use of the material media CAI mutations can improve learning outcomes learner class XII of Sciences in SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung.
Keywords: research development, media CAI, the results of the study.