Tujuan utama dari penelitian ini yaitu menghasilkan alat peraga mesin Carnot sebagai media pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE dengan tahapan meliputi Analys (Analisis), Design (Perencanaan), Develop (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (Evaluasi). Alat praktikum yang dikembangkan diujicobakan secara luas pada peserta didik di SMA Negeri 1 Gondang Nganjuk dengan menggunakan rancangan penelitian “One Group Pre-test Post-test Design” dengan tiga kelas eksperimen. Data hasil penelitian ini berupa validitas alat praktikum sebesar 84% dengan kategori sangat positif sehingga dapat dikatakan layak untuk digunakan. Adapun ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 87% dari 87 peserta didik yang tersebar dalam tiga kelas. Berdasarkan hasil analisis lembar evaluasi hasil belajar peserta didik untuk mengetahui tingkat kenaikan nilai ranah kognitif peserta didik didapatkan nilai gain sebesar 0,65 yang tergolong pada kategori sedang. Sedangkan untuk respon peserta didik didapatkan respon yang sangat positif dengan presentase 85%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa alat peraga mesin Carnot telah layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika materi Hukum II Termodinamika.
Kata kunci : Alat peraga, mesin Carnot, validitas, pre-test, post-test
The main purpose of this research is to produce Carnot engine apparatus as a medium of physics learning. This research method that used is development research of ADDIE model whose stages include Analys, Design, Develop, Implementation, and Evaluation. The apparatus developed has been wide-ranging trial for student in SMA Negeri 1 Gondang Nganjuk using a "one group pre-test and post-test design" with three eksperiment classes. The result data of this research is the validity of Carnot engine apparatus to 84% with very suitable category to be used. The completeness of learning outcomes of learners for 87% of 87 students (divided in three classes). Based on the results of evaluation sheet analysis to determine the level of increase in the value of students knowledge obtained value of the gain score of 0.65 are classified in the category of medium. Meanwhile, the response of students is very positive with a percentage of 91.67%. Overall it can be concluded that 2nd Law of Thermodinamics apparatus has been feasible to be used as a medium of physics learning.
Kata kunci : Apparatus, Carnot engine, validity, pre- test-post-test