PENGARUH PERILAKU KONSUMEN MASYARAKAT KABUPATEN GRESIK TERHADAP PENGGUNAAN E-MONEY
INFLUENCE OF CONSUMER BEHAVIOR COMMUNITY OF GRESIK DISTRICT REGARDING THE USE OF E-MONEY
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologi terhadap keputusan penggunaan e-money di Kabupaten Gresik. E-money dapat didefinisikan sebagai "produk prabayar atau nilai dari dana yang dibayar disimpan dalam perangkat elektronik milik nasabah. Sementara itu perilaku konsumen adalah tindakan individu berdasarkan preferensi pribadi untuk mendapatkan keuntungan dari penggunaan barang atau jasa. Setiap individu memiliki perilaku konsumsi yang unik,dipengaruhi oleh faktor-faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data primer yang diperoleh melalui kuesioner dengan skala likert. Analisis dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan model Ordinary Least Square (OLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, dan psikologi memiliki pengaruh positif terhadap keputusan penggunaan e-money di Kabupaten Gresik. Namun, faktor pribadi tidak berpengaruh terhadap keputusan penggunaan e-money.
Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologi, Keputusan Penggunaan e-money
This study aims to identify the influence of cultural, social, personal, and psychological factors on the decision to use e-money in Gresik Regency. E-money can be defined as a "prepaid product or the value of the funds paid is stored in the customer's electronic device. Meanwhile, consumer behavior is an individual action based on personal preference to benefit from the use of goods or services. Each individual has a unique consumption behavior, influenced by by cultural, social, personal, and psychological factors.This study used a quantitative approach with primary data sources obtained through questionnaires with a Likert scale.Analysis was performed using multiple linear regression with the Ordinary Least Square (OLS) model.The results showed that factors culture, social, and psychology have a positive influence on the decision to use e-money in Gresik Regency, however, personal factors do not influence the decision to use e-money.
Keywords : Consumer Behavior, Cultural Factors, Social Factors, Personal Factors, Psychological Factors, Decision to Use e-money.