Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat masyarakat yang didalamnya ada pendidikan nonformal sebagai proses pemberdayaan yang meliputi peningkatan dan perubahan sumber daya manusia sehingga mampu membangun masyarakat dan lingkunganya. Tujuan penelitian ini berdasarkan fokus penelitian adalah mengetahui pelaksanaan kegiatan pemberdayaan dan pemasaran hasil kerajinan enceng gondok
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yakni pengelola dan keluarga pengrajin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan langkah reduksi, display data, dan verifikasi data. Setelah itu data diuji nilai kebenaranya dengan kreabilitas, dependability dan konfirmability.
Hasil penelitian yang didapatkan pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat yang diberikan arahan- arahan atau bimbingan, pendampingan yang dilakukan 2 hari sekali oleh pengelola meliputi pemberian alat, bahan baku dan praktek secara langsung dan pemasaran hasil kerajinan enceng gondok menggunakan strategi promosi melalui pameran, mou , dan sesama paguyuban UKM bertaraf nasional sampai internasional dalam meningkatan pendapatan keluarga
Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, kerajinan enceng gondok, pendapatan keluarga.
The human empowering is a way to improve the dignity of the people where there is effort for Non-Formal Education as the process to empower that includes the improvement and the changing for the human resources so,people able to build the community and its environment. The objective of this research based on the research focus is to attend an event that can empower the people or the community and to do the marketing of Enceng Gondok handcraft.
This research is using qualitative approach. The subject of this research is the owner and the crafter family. The instrument for this approach is using interview, observation, and documentation. The gathering data will be analyzed through reduction, data display, and verified data. After that, the data will be tested the truth in creability, dependability, and confirmability.
The data result is create two conclusion. First, is the result of the event that empower the community through directions or guidance, the guidance will be able to do it, for two days for one consultation by the owner for example giving tools, ingredients, and direct practice. Second, is the marketing for the Enceng Gondok handcraft using the strategy of promotion through exhibition, MOU, and relation between the UKM national based until international in order to improve the family income.
Keywords: Community Empowerment, water hyacinth crafts, family income.