The Use of Pop-Up Card for Junior High School Students' Writing Skills In Descriptive Text
Abstrak
Ini adalah penelitian tindakan partisipatif (PAR) yang berfokus pada penerapan media sederhana seperti kartu pop-up dan untuk menggambarkan seberapa efektif kartu pop-up untuk mengajarkan keterampilan menulis siswa SMP dalam teks deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII B salah satu SMP di Surabaya tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 29 siswa. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 21 Maret 2023 sampai dengan 4 April 2023 di SMP Negeri 17 Surabaya. Hasil observasi menunjukkan bahwa kelas ini pasif selama pelajaran bahasa Inggris tetapi juga VII B mengalami kesulitan dalam belajar menulis karena kurangnya motivasi dan kosa kata dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan; pertemuan pertama fokus membangun pengetahuan tentang teks deskriptif, kemudian pertemuan kedua memfokuskan penggunaan pop-up card. Siklus tersebut meliputi empat tahapan yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini digunakan observasi checklist, kuesioner dan pre-test post-test digunakan untuk mendapatkan data. Penelitian tindakan partisipatif (PAR) ini dilakukan secara kolaboratif dengan guru bahasa Inggris. Oleh karena itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa kartu pop-up meningkatkan aspek kosa kata rata-rata (72%) (skor tertinggi) terkait penggunaan kartu pop-up guru menggunakan gambar dan kosa kata untuk memudahkan siswa dalam mendeskripsikan teks.
Kata Kunci: Alat peraga atau media pembelajaran, pop-up card, keterampilan menulis, teks deskripsi.
Abstract
This is participatory action research (PAR) focuses on implementing simple media such as pop-up card and to describe how effective pop-up card is to teach junior high students’ writing skills in descriptive text. The subject of the study was the students of VII B, of one of junior high schools in Surabaya in the academic year of 2022/2023, consisting of 29 students. The research was conducted from 21th March,2023 to 4th April, 2023 at SMP Negeri 17 Surabaya. The results of the observation showed that this class was passive during the English lesson but also VII B had difficulties in learning writing because they lack of motivation and vocabulary in learning process. This research was carried out in one cycle that consisted of two meetings; the first meeting focus on building knowledge about descriptive text, then the second meeting focused the used of pop-up card. The cycle covered four stages that include planning, acting, observing, and reflecting. In this research used observation checklist, questionnaire and pre-test post-test were used to get the data. This Participatory action research (PAR) was done by collaboratively with English teacher. Hence, the results showed that the pop-up cards increased the aspects of vocabulary in average (72%) (highest score) related on the use of pop-up card the teacher using images and vocabulary to make students easier for describes the text.
Keyword: Teaching aids or instructional media, pop-up card, writing skills, descriptive text.