Hasil keterampilan berbicara bahasa jerman peserta didik SMK Negeri 1 Tuban dianggap rendah. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran bahkan tidak pernah menggunakan media pembelajaran. Pembelajaran hanya menggunakan buku sebagai sumber pembelajaran sehingga terkesan membosankan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dibutuhkan suatu media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran sangat penting karena dapat mempertinggi proses belajar siswa, sehingga dapat mempertinggi hasil belajar siswa. Untuk membuat media yang bervariatif, aplikasi powtoon menawarkan sebagai aplikasi pembuat video yang memiliki fitur animasi sangat menarik. Dengan demikian, media pembelajaran video berbasis aplikasi powtoon merupakan alat bantu proses pembelajaran untuk mempresentasikan atau menyampaikan materi yang berbentuk video yang lebih variatif, unik, dan menyenangkan yang dibuat menggunakan aplikasi powtoon. Sehingga rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas XII TKJ 2 dengan media video berbasis aplikasi powtoon. Hasil belajar yang dimaksud diperoleh melalui tes dialog dengan tema Lebensmittel einkaufen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dari penelitian ini yaitu hasil belajar siswa kelas XII TKJ 2 SMK Negeri 1 Tuban sebelum dan sesudah siswa belajar menggunakan media pembelajaran video berbasis Aplikasi Powtoon. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Pertemuan pertama peserta didik diberikan tes dialog setelah menerima materi tanpa menerapkan media pembelajaran video berbasis aplikasi powtoon. Pertemuan kedua pembelajaran dilakukan dengan memberi materi dengan menggunakan aplikasi powtoon. Pada pertemuan ketiga dilakukan tes dialog kedua setelah menerima materi dengan menggunakan media pembelajaran video berbasi aplikasi powtoon. Nilai rata-rata kelas hasil belajar peserta didik pada tes 1 adalah 67,71 dan nilai rata-rata kelas pada tes 2 adalah 85,4. Hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar keterampilan berbicara peserta didik mengalami peningkatan setelah diberikan pembelajaran dengan menggunaan media pembelajaran video berbasis aplikasi powtoon.
Kata Kunci: Hasil belajar, keterampilan berbicara, Powtoon
The results of speaking German skills of students in SMK Negeri 1 Tuban are considered low. One reason is the lack of use of media in learning and never even used learning media. Learning only uses books as a source of learning so that it seems boring. To overcome these problems, we need a learning media. The use of instructional media is very important because it can enhance student learning processes, so as to enhance student learning outcomes. To create varied media, the powtoon application offers a video maker application that has very interesting animation features. Thus, the video learning media based on the Powtoon application is a learning aid tool for presenting or delivering material in the form of videos that are more varied, unique, and fun created using the Powtoon application. So that the formulation of the problem in this study is how the learning outcomes of speaking skills of class XII TKJ 2 students with video media based on powtoon applications. The intended learning outcomes are obtained through a dialogue test with the theme of Lebensmittel einkaufen. This study uses a qualitative approach to the type of descriptive research. Data from this study are the learning outcomes of students of class XII TKJ 2 SMK Negeri 1 Tuban before and after students learn to use video learning media based on Powtoon Applications. This research was conducted 3 times. The first meeting the students were given a dialogue test after receiving the material without applying video learning media based on the Powtoon application. The second meeting of learning is done by giving material using the powtoon application. At the third meeting a second dialogue test was conducted after receiving material using video learning media based on the Powtoon application. The average grade of students learning outcomes on test 1 was 67.71 and the average grade of students on test 2 was 85.4. It can be concluded that the learning outcomes of students speaking skills have improved after being given learning by using video learning media based on powtoon applications.
Keywords: Learning outcomes, speaking skills, Powtoon