PERANCANGAN KARTU KUARTET BUDAYA JAWA TIMUR UNTUK SISWA SD
EAST JAVA CULTURE QUARTET DESIGN FOR ELEMENTARY STUDENTS
Jawa Timur merupakan provinsi dengan daerah terluas di Indonesia. Pada daerah seluas itu, Jawa Timur memiliki keberagaman budaya di dalamnya. Budaya merupakan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia. Namun, masuknya budaya luar ke Indonesia dapat mengancam eksistensi budaya lokal, dan mengakibatkan kurangnya pengetahuan anak terhadap budaya lokal. Cara menyenangkan untuk mengetahui budaya bagi anakāanak adalah bermain. Salah satunya adalah kartu kuartet. Kartu kuartet seringkali dijadikan pilihan untuk media pembelajaran karena efektif dalam meningkatkan nilai psikomotor siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menerapkan kartu kuartet budaya Jawa Timur pada siswa SD. Penelitian menggunakan teknik analisis 5W+1H untuk membantu menjawab permasalahan dalam perancangan kartu kuartet budaya Jawa Timur dan menggunakan metode perancangan Design Thinking. Penelitian dimulai dengan identifikasi masalah, lalu mencari data dan analisis data, dan dilanjutkan dengan menyusun konsep. Setelah itu, proses perancangan dimulai dengan membuat thumbnail, dan dilanjutkan dengan pembuatan tihgt tissue. Perancangan dilakukan secara digital dengan software Paint Tool SAI untuk sketsa dan pewarnaan, dan Adobe Photoshop untuk layout kartu kuartet. Perancangan ini menghasilkan kartu berjumlah 48, dengan 12 judul dari kota dan kabupaten di Jawa Timur dengn empat unsur kebudayaan yang mudah dikenali oleh anak, yaitu: kesenian, makanan, tempat pariwisata dan ritual adat.
Keywords: Kartu Kuartet, Budaya, Jawa Timur, Anak-anak
East Java is a province with the largest region in Indonesia. In such a large area, East Java has cultural diversity in it. Culture is a system of thoughts, actions, and human works. However, the entry of foreign cultures to Indonesia can threaten the existence of local cultures, and result in children's lack of knowledge of local cultures. A fun way to get to know the culture for children is to play. One of them is a quartet card. Quartet cards are often used as an option for learning media because they are effective in increasing students' psychomotor scores. The purpose of this study was to describe and apply the East Javanese cultural quartet card to elementary school students. The study used the 5W + 1H analysis technique to help answer problems in the design of the East Java cultural quartet card and used the Design Thinking design method. The research begins with identifying the problem, then searching for data and analyzing data, and continues with drafting concepts. After that, the design process begins with making thumbnails and continues with creating tight tissue. The design was created digitally with Paint Tool SAI software for sketching and coloring, and Adobe Photoshop for the quartet card's layout. This design produces 48 cards, with 12 titles from cities in East Java with four cultural elements that are quickly recognized by children, there are arts, cuisine, tourism sites, and rituals.
Keywords: Quartet Card, Culture, East Java, Children