Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Kelas VIII pada Materi Getaran dan Gelombang
Analysis of Critical Thinking Skills of Class VIII Junior High School Students on Vibration and Wave Materials
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP kelas VIII pada materi getaran dan gelombang berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis, jenis kelamin, dan ranking sekolah. Jenis penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif dengan metode campuran (mixed methods research). Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMP kelas VIII menggunakan teknik purpose sampling dengan memilih SMP berdasarkan ranking tinggi, sedang, dan rendah. Data diperoleh menggunakan dua teknik, yaitu data kuantitatif diperoleh dari skor tes keterampilan berpikir kritis, kemudian dilanjutkan dengan mengumpulkan data kualitatif berupa wawancara guru dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh menunjukkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada kategori sedang dengan persentase sebesar 61%. Indikator keterampilan berpikir kritis tertinggi terdapat pada indikator strategi dan taktik (strategy and tactics) sebesar 82% sedangkan indikator keterampilan berpikir kritis terendah terdapat pada indikator menyimpulkan (inference) sebesar 43%. Selanjutnya, berdasarkan jenis kelamin, keterampilan berpikir kritis peserta didik perempuan lebih unggul dengan persentase sebesar 64% dibandingkan laki-laki sebesar 57%. Kemudian berdasarkan ranking sekolah, yaitu di sekolah ranking tinggi sebesar 71%, sekolah ranking sedang sebesar 62%, dan sekolah ranking rendah sebesar 50%.
Kata Kunci: analisis, berpikir kritis, indikator, jenis kelamin, ranking
This study aims to describe the critical thinking skills of grade VIII junior high school students on vibration and wave material based on critical thinking skills indicators, gender, and school ranking. This type of research uses a descriptive approach with mixed methods research. The subjects of this study were junior high school students in grade VIII using purpose sampling technique by selecting junior high schools based on high, medium, and low rankings. Data were obtained using two techniques, namely quantitative data obtained from critical thinking skills test scores, then continued by collecting qualitative data in the form of teacher and student interviews. The results of this study indicate that the results obtained show the critical thinking skills of students in the moderate category with a percentage of 61%. The highest critical thinking skills indicator is in the strategy and tactics indicator at 82% while the lowest critical thinking skills indicator is in the inference indicator at 43%. Furthermore, based on gender, the critical thinking skills of female students are superior with a percentage of 64% compared to men at 57%. Then based on school ranking, namely in high ranking schools by 71%, medium ranking schools by 62%, and low ranking schools by 50%.
Keywords: analysis, critical thinking, indicators, gender, ranking