LEVEL OF UNDERSTANDING PANCASILA VALUES IN CIVICS ONLINE LEARNING ON STUDENTS IN SMP NEGERI 1 SUKODONO SIDOARJO
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran daring PPKn pada peserta didik di SMP Negeri 1 Sukodono Sidoarjo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A berjumlah 36 anak. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur pemahaman nilai-nilai Pancasila yang disampaikan kepada peserta didik. Penelitian ini didasarkan pada teori pemrosesan informasi yang dikemukakan oleh Robert Gagne dan teori kognitif yang dikemukakan oleh Jean Piaget. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata tingkat pemahaman nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran daring PPKn peserta didik di SMP Negeri 1 Sukodono Sidoarjo dengan predikat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes pada indikator 3.1.1 menjelaskan arti kedudukan dan fungsi Pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia memiliki persentase sebesar 78%, dengan predikat tinggi. Indikator 3.1.2 mendeskripsikan makna Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa mempunyai persentase sebesar 80% dengan predikat tinggi. Indikator 3.1.3 menguraikan pentingnya kedudukan dan fungsi Pancasila dalam kehidupan bernegara memiliki persentase sebesar 82% dengan predikat sangat tinggi.
Kata Kunci: Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila, Pembelajaran Daring.
This study aims to determine the level of understanding of Pancasila values in online Civics learning for students at SMP Negeri 1 Sukodono Sidoarjo. The type of research conducted is descriptive quantitative with a sampling technique that is simple random sampling. The sample used in this study was class VIII-A totaling 36 children. In this study, the data collection technique used a test to measure the understanding of Pancasila values conveyed to students. This research is based on the information processing theory proposed by Robert Gagne and the cognitive theory proposed by Jean Piaget. Based on the results of the study, it is known that the average level of understanding of Pancasila values in online Civics learning of students at SMP Negeri 1 Sukodono Sidoarjo with high predicates. This is evidenced by the test results on indicator 3.1.1 explaining the meaning of the position and function of Pancasila for the nation and state of Indonesia, which has a percentage of 78%, with a high predicate. Indicator 3.1.2 describes the meaning of Pancasila as the basis of the state and the nation's view of life has a percentage of 80% with a high predicate. Indicator 3.1.3 describes the importance of the position and function of Pancasila in the life of the state which has a percentage of 82% with a very high predicate.
Keywords: Understanding Pancasila Values, Online Learning.