Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan perilaku agresi verbal pada siswa kelas X SMK “X” Gresik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 184 siswa kelas X SMK “X” Gresik. Instrumen yang digunakan adalah skala kontrol diri dan skala perilaku agresi verbal. Sementara teknik analisis data yang digunakan adalah product moment. Hasil analisis data menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar -0,438 dengan taraf signifikan 0,00 (p=0,00) yang menunjukkan adanya hubungan antara kontrol diri dengan perilaku agresi verbal pada siswa kelas X SMK “X” Gresik. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat keeratan hubungan berada pada kategori sedang. Memiliki arah hubungan negatif, artinya apabila kontrol diri yang dimiliki tinggi maka perilaku agresi verbal siswa terebut rendah, begitu sebaliknya. Hal ini sesuai dengan teori Krahe (2005) bahwa perilaku agresi dipengaruhi oleh faktor kepribadian, salah satunya adalah kontrol diri. Ketika dorongan untuk berbuat menyimpang sedang dalam puncaknya, kontrol diri dapat membantu individu dalam mereduksi agresi dengan melihat norma sosial yang berlaku.
Kata Kunci : Kontrol Diri, Perilaku agresi verbal, dan siswa
This study aims to determine the relationship between self control and verbal aggression behavior among student grade X of SMK "X" Gresik. This research uses quantitative methods by using a sample of 184 students in class X of SMK "X" Gresik. The instrument used in this research is the scale of self control and scale of verbal aggression behavior. While the data analysis technique used is product moment. The results of data analysis showed a correlation coefficient of -0.438 with a significant level of 0.00 (p = 0.00) which indicates that there is relationship between self-control and verbal aggression behavior among student grade X of SMK "X" Gresik. This shows that the closeness of the relationship is in the medium category. It has a negative relationship direction, which means the higher self control, the lower verbal aggression behavior. Otherwise, the lower self control, the higher verbal aggression behavior. This is in accordance with Krahe's theory (2005) that the behavior of aggression is influenced by personality factors, one of which is self-control. When the urge to deviate is at its peak, self-control can help individuals reduce aggression by looking at the prevailing social norms.
Keywords: Self Control, verbal aggression behavior, and students