PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN PROGRAM PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SD NEGERI BHAYANGKARA YOGYAKARTA
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah program wajib dalam kurikulum merdeka yang terdiri dari pembelajaran intrakurikuler dan pembelajaran berbasis projek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam pengelolaan program proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) di SD Negeri Bhayangkara Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk memberikan pemahaman menyeluruh terhadap suatu fenomena, mengumpulkan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini mengambil subyek guru dan siswa kelas 4 dengan informan kepala sekolah, wakil kepala sekolah atau ketua kurikulum, TIM P5, guru kelas empat, orangtua siswa, mitra kerjasama komunitas tani kompitu hijau di SD Negeri Bhayangkara Yogyakarta. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi. Adapun teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian peran guru dalam pengelolaan program P5 di SD Negeri Bhayangkara Yogyakarta terdapat empat fokus penelitian yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi.
Kata Kunci: Peran Guru; Program P5; Sekolah Dasar
The Pancasila Student Profile Strengthening Project (also known as P5) is a mandatory program in the independent curriculum which consists of intracurricular learning and project-based learning. The aim of this research is to find out the role of teachers in managing the program of P5 at Bhayangkara Elementary School, Yogyakarta. This research uses a qualitative descriptive approach to provide a comprehensive understanding of a phenomenon, collecting data using observation, interviews, and documentation methods. This research took teachers and 4th grade students as subjects with the informant was the Deputy Principal or head of curriculum team P5, class four teachers, Parents of students, collaboration partners of the kompitu hijau farming community at Bhayangkara Elementary School, Yogyakarta. Meanwhile, for data validity, triangulation is used. The data analysis techniques consist of data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification. Based on the research results on the role of teachers in managing the P5 program at SD Negeri Bhayangkara Yogyakarta, there are four research focuses which include: planning, organizing, implementing, and monitoring and evaluating.
Keywords: The Role of The Teacher; Program of P5; Elementary School