ANALISIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR BAGI SISWA OUTREACH (PUTUS SEKOLAH) DI PKBM BUDI UTAMA SURABAYA
ANALYSIS OF EQUIVALENCE EDUCATION PACKAGE C AS AN EFFORT TO INCREASE LEARNING PARTICIPATION FOR OUTREACH STUDENTS (DROPOUTS) AT THE BUDI UTAMA SURABAYA COMMUNITY LEARNING CENTER
Peserta didik outreach merupakan masyarakat putus sekolah yang mendapatkan bantuan untuk melanjutkan pendidikan kesetaraan. Akan tetapi permasalahan hadir saat kehadiran peserta didik jarang mengikuti pembelajaran kesetaraan paket C. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan proses pendidikan kesetaraan paket C dalam upaya peningkatan partisipasi belajar bagi peserta didik outreach. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik outreach paket C kelas peminatan IPS, 5 orang tutor kesetaraan paket C. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan serta dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilaksanakan reduksi data, display data dan verifikasi atau menyimpulkan. Keabsahan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas dan transferabilitas.. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Implementasi pembelajaran kesetaraan paket C pada peserta didik outreach telah dilaksanakan sesuai dengan jadwal dan regulasi pembelajaran. Adapun implementasi pembelajaran didukung oleh beberapa aspek yakni tenaga pendidik yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampu, penggunaan kurikulum yang sesuai, strategi pembelajaran melalui pendekatan adragogi serta evaluasi pembelajaran. Selanjutnya beberapa aspek yang perlu diperbaiki dalam upaya perbaikan implementasi pembelajaran pada peserta didik outreach yakni aspek karakter peserta didik dinilai kurang dikenali oleh antara tutor dan peserta didik outreach ataupun sebaliknya. Selanjutnya aspek penggunaan media pembelajaran yang kurang mendukung pembelajaran aktif dan berbasis teknologi. Proses pembelajaran pada peserta didik outreach mengalami kendala pada partisipasi kehadiran dalam proses pembelajaran yang diselenggarakan. Kehadiran peserta didik outreach tidak dapat di prediksi kehadirannya saat mengikuti pembelajaran tatap muka ataupun pembelajaran secara online, selanjutnya tidak memberikan respon, hingga tidak mengerjakan tugas
Kata kunci : pembelajaran kesetaraan, Partisipasi belajar, siswa putus sekolah
The outreach students are individuals who have dropped out of school and receive assistance to continue their education through equivalency programs. However, a problem arises when these students rarely attend the equivalency education for Package C. This research aims to analyze and describe the process of equivalency education for Package C in an effort to increase learning participation among outreach students. The study adopts a descriptive research design using a qualitative approach. The subjects of the study include outreach students enrolled in Package C focusing on social studies, and five equivalency tutors. Data collection techniques involve in-depth interviews, participant observation, and documentation. Data analysis includes data reduction, data display, and verification or conclusion. Data validity is ensured through credibility, dependability, confirmability, and transferability. The findings indicate that the implementation of Package C equivalency education for outreach students has been carried out according to schedule and regulations. However, there are aspects that need improvement, such as understanding the students' characteristics by tutors and vice versa, and the use of learning media that does not adequately support active and technology-based learning. Additionally, outreach student participation in the learning process faces challenges, as their attendance cannot be predicted, they may not respond, and they may not complete assignments.
Keywords: Equivalency education, learning participation, dropout student.