EKSPLORASI OBJEK MATEMATIKA DALAM SERIAL ANIME DITINJAU DARI TEORI ONTO-SEMIOTIC APPROACH (OSA)
THE EXPLORATION OF MATHEMATICAL OBJECTS IN ANIME SERIES REVIEWED FROM ONTO-SEMIOTIC APPROACH (OSA) THEORY
Matematika kerap kali dikaitkan sebagai mata pelajaran yang membosankan di dalam kelas. Perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan dalam belajar matematika. Inovasi yang dapat dilakukan adalah menghubungkan matematika dengan sesuatu yang siswa gemari. Salah satu hal yang digemari siswa adalah karya animasi, khususnya serial anime. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi objek matematika dalam serial anime ditinjau dari teori Onto-Semiotic Approach (OSA). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Data dikumpulkan melalui observasi terhadap 13 judul serial anime menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi. Proses analisis dilakukan pada objek matematika yang teridentifikasi dari 13 judul serial anime, kemudian objek matematika yang teridentifikasi dikategorikan sesuai dengan karakteristik dari 6 kategori objek matematika primer dalam teori OSA. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 15 objek matematika sebagai kategori language, antara lain bentuk persamaan kuadrat dan trigonometri, 9 objek matematika sebagai kategori situation, antara lain permasalahan persamaan kuadrat dan trigonometri, 1 objek matematika sebagai kategori concept, yaitu penjelasan gradien suatu titik pada diferensial, 4 objek matematika sebagai kategori proposition, antara lain pernyataan tentang aturan cosinus dan identitas Euler, 4 objek matematika sebagai kategori procedure, antara lain proses penyelesaian persamaan kuadrat dan trigonometri, dan 5 objek matematika sebagai kategori argument, antara lain jawaban dari permasalahan persamaan kuadrat dan trigonometri. Hasil dari penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai inovasi dalam pembelajaran matematika, serta menambah penelitian tentang pemanfaatan budaya populer dalam pembelajaran di kelas.
Mathematics is often associated with a boring subject in the classroom. There’s a need for innovation, especially in the learning process, so students don’t feel bored learning mathematics. One of the innovations available is to connect mathematics with the student's interests. One of the things the students are interested in is animation works, especially anime series. This research aims to explore the mathematical objects in the anime series reviewed from the Onto-Semiotic Approach (OSA) theory. This research is descriptive exploratory research. Data were collected through observation of 13 anime series titles using a research instrument in the form of an observation sheet. The analysis process was carried out on the identified mathematical objects from the 13 anime series titles, then categorizing the identified mathematical objects according to the characteristics of the 6 categories of primary mathematical objects in OSA theory. The results indicate that there are 15 mathematical objects as the language category, such as the quadratic equation and trigonometry, 9 mathematical objects as the situation category, 1 mathematical object as the concept category, 4 mathematical objects as the proposition category, 4 mathematical objects as the procedure category, and 5 mathematical objects as the argument category. The result of this research can be used as an innovation in mathematics learning and as additional research on the use of popular culture in the classroom.