USULAN LOGO PENDAMPING KABUPATEN SIDOARJO
PROPOSED LOGO OF SIDOARJO GOVERNMENT CITY
Identitas adalah hal dasar paling penting agar suatu hal dapat dengan mudah untuk dikenali, begitu juga bagi Kabupaten Sidoarjo. Peneliti menemukan beberapa masalah pada identitas visual (lambang) Kabupaten Sidoarjo yang ada, pertama, audiens menilai bahwa visual dari lambang Kabupaten Sidoarjo memiliki kemiripan visual dengan lambang Kota Surabaya, kedua, audiens menilai bahwa bentuk identitas visual (lambang) Kabupaten Sidoarjo sangat rumit sehingga mengurangi efektifitas identitas visual Kabupaten Sidoarjo. Dari permasalahan tersebut peneliti membuat identitas baru berbentuk logo, adapun identitas dari Kabupaten Sidoarjo haruslah sesuai dengan ciri khasnya sebagai Kota Delta. Perancangan ini menggunakan metode penelitian kombinasi, merupakan penggabungan dari metode kualitatif dan kuantitatif yang digunakan secara bersamaan. Dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif dan reduksi data, tahapan perancangan menggunakan lima tahap, yaitu: 1) Thumbnails, 2) Rought Layout, 3) Tight Tissue, 4) Comprehensive, 5) Final Artwork. Perancangan yang dibuat meliputi logo dan graphic standard manual. Wujud desain logo dan graphic standard manual adalah hasil akhir setelah melewati proses revisi desain dari dua validator. Perancangan logo Kabupaten Sidoarjo dikatakan berhasil, dibuktikan dengan hasil validasi terhadap logo beserta graphic standard manual yang memenuhi kriteria layak digunakan dengan sedikit revisi.
Identity is the most important basic thing so that something can be easily recognized, as well as for Sidoarjo Regency. Researcher found several problems with the existing visual identity (symbol) of Sidoarjo Regency, first, the audience considered that the visuals of Sidoarjo Regency symbol had visual similarities with the symbol of Surabaya city, second, the audience considered that the form of visual identity (symbol) of Sidoarjo Regency was very complicated, so that it reduces the effectiveness of the visual identity of Sidoarjo Regency. From this problem the researcher made a new identity in the form of a logo, while the Sidoarjo Regency identity must be in accordance with its characteristics as a Delta City. This design uses a combination of research methods, which is a combination of qualitative and quantitative methods used simultaneously. By using descriptive data analysis techniques and data reduction, the design stage uses five stages, namely: 1) Thumbnails, 2) Rought Layout, 3) Tight Tissue, 4) Comprehensive, 5) Final Artwork. The design made includes logos and graphic standard manual. The logo design and graphic standard manual is the final result after going through the design revision process of the two validators. The design of the Sidoarjo Regency logo is said to be successful, as evidenced by the results of the validation of the logo along with the graphic standard manual that meets the criteria for proper use with a little revision.