PENERAPAN STRATEGI MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MENGANTI
Nama : Ardi Kurniawan
NIM : 13010014064
Program Studi : S-1
Jurusan : Bimbingan dan Konseling
Nama lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Denok Setiawati, S.Pd, M.Pd, Kons.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi Modeling Simbolik untuk meningkatkan ketrampilan berbicara siswa kelas X IPS SMAN 1 Menganti Kabupaten Gresik. penelitian ini adalah jenis penelitian pre-experiment design menggunakan rancangan penelitian pre-test post-test one group design. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah angket ketrampilan berbicara. Dalam angket ini memiliki 28 item. Pada penelitian ini terdapat subjek penelitian berjumlah 5 siswa dari kelas X IPS SMAN 1 Menganti Kabupaten Gresik, yang memiliki skor ketrampilan berbicara rendah yang diukur dengan angket ketrampilan berbicara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik non parametrik menggunakan Uji Wilcoxon dengan bantuan program SPSS Statistics 21.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan didapat hasil N = 5 dan x = 0 , maka diperoleh ρ (kemungkinan harga dibawah Ho) = 0,042. Bila dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka 0,042 < 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Adanya perbedaan antara pre-test dan post-test yaitu skor post-test lebih besar dibanding skor pre-test. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Modeling Simbolik dapat meningkatkan Ketrampilan Berbicara siswa kelas X IPS SMAN 1 Menganti Kabupaten Gresik
Kata Kunci : Modeling Simbolik, Ketrampilan berbicara
APPLICATION OF SYMBOLIC MODELING STRATEGY TO IMPROVE SPEECH SKILLS IN CLASS X SMAN 1 "MENGANTI"
Name : Ardi Kurniawan
Study Program : S-1
Department : Guidance and Counseling
Institution Name : Surabaya State University
Instructor : Denok Setiawati, S.Pd, M.Pd, Kons.
This research aims to determine the application of the symbolic Modeling strategy to improve the skill of speech grade X IPS of SMAN 1 Menganti Gresik regency. This research is a type of pre-experiment design research using the research draft pre-Test post-Test one group design. The measuring instrument used in this research is a questionnaire for speech skills. In this poll have 28 items. In this research, there are 5 student research subjects from class X IPS SMAN 1 Menganti Gresik Regency, which has a low speech skill score that is measured by a poll of speaking skills. The data analysis techniques used in this study were non-parametric statistics using the Wilcoxon test with the help of SPSS Statistics 21 program.
Based on the results of data analysis obtained by the results N = 5 and x = 0, then obtained ρ (possible price below Ho) = 0.042. If the 5% of α (Error level) is 0.05, then 0.042 < 0.05 can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted. The difference between pre-test and post-test is the post-test score is greater than the pre-test score. So it can be concluded that the implementation of the symbolic Modeling strategy can improve the speech skills of grade X IPS of SMAN 1 Menganti District Gresik
Keywords: Modeling symbolically, speaking skills