KEMAMPUAN PENGAJUAN MASALAH MATEMATIKA SISWA POST-SOLUTION BERDASARKAN PERBEDAAN GAYA BELAJAR
THE ABILITY PROBLEM POSING STUDENTS POST- SOLUTION MATHEMATICAL PROBLEMS BASED ON DIFFERENCES IN LEARNING STYLE
Kemampuan pengajuan masalah berupa pembuatan soal baru dan jawaban dari informasi sebelumnya. Post-solution merupakan memodifikasi kondisi soal yang terselesaikan untuk mengajukan soal baru. Gaya belajar pada penelitian ini berupa visual, auditori, dan kinestetik. Penting bagi guru untuk mengenal pengajuan masalah agar dapat mengetahui kemampuan siswa dalam menerima dan mengolah informasi. Penelitian deskriptif ini mengkaji kemampuan pengajuan masalah siswa post-solution berdasarkan perbedaan gaya belajar yang melibatkan 10 siswa visual, 12 siswa auditori, 9 siswa kinestetik, subjek merupakan kelas VIII SMP. Analisis data penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Materi tes berupa kubus dan balok. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pengajuan masalah siswa gaya belajar visual yaitu soal yang dibuat dapat dipecahkan ditunjukkan dengan informasi soal yang terperinci, kaitan dengan soal sebelumnya berupa mengubah, memvariasikan, menyatakan kembali, danmengelompokkan,jawaban langsung dan tidak langsung disusun terperinci, struktur bahasa soal berupa proposisi penugasan dan kondisional ditunjukkan perintah soal yang jelas, kesulitan soal mudah dan sedang pada jawaban soal. Kemampuan pengajuan masalah siswa gaya belajar auditori berupa soal yang dibuat dapat dipecahkan ditunjukkan dengan infomasi yang jelas, mengubah, memvariasikan, dan menyatakan kembali sesuai dengan informasi soal sebelumnya, jawaban langsung dan tidak langsung dengan sistematis, proposisi penugasan dan kondisional dengan perintah soal yang jelas, tingkat kesulitan mudah dan sedang pada jawaban soal Kemampuan pengajuan masalah siswa gaya belajar kinestetik berupa soal yang dibuat dapat dipecahkan dengan memanipulasi kondisi soal, mengubah, memvariasikan, dan menyatakan kembali dengan memanipulasi soal sebelumnya, jawaban langsung dan tidak langsung yang terperinci, proposisi penugasan dan kondisional dengan memanipulasi perintah soal, kesulitan mudah dan sedang disusun secara terperinci.
The ability problem posing is making new questions and answers from previous information. Post-solution is modify a condition of problem solved to submit a new problem. Learning styles in this research the form of visual, auditory, and kinesthetic. Important for teachers to be familiar with problem posing can know the ability of the student to receive and process information. This descriptive research examines the ability of students to post problem solutions based on differences in learning style involving 10 visual’s student, 12 auditory’s student, 9 kinesthetic’s student. Analysis of data in this research, the data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Test material cubes and blocks. The results of the study show ability problems of student with visual learning styles, namely problems that can be solved, indicated by detailed problem information, links to previous questions in the form of changing, varying, restating, and grouping, direct and indirect answers are arranged in detail, language structure questions in the form of assignment and conditional propositions are shown clear commands, difficulty of easy and moderate difficulty levels on question answer. The ability to submit students problems in auditory learning styles in the form of problems that can be solved is shown clear information, changing, varying, and restating in accordance with information about previous questions, direct and indirect answers according to the systematic,assignment and conditional propositions according clear problem commands, easy and moderate difficulty levels on question answer. The ability to propose problems of kinesthetic learning styles of students in the form of questions can be solved by manipulating the conditions of the problem, changing, varying, and restating by manipulating the previous problem, direct and indirect answers according to clear command, assignment and conditional propositions by manipulating the command of the questions , difficulties are easy and moderate arranged indetail.