Pengembangan Video Pembelajaran Pewarnaan Teknik Kering di Kelas X Tata Busana Smk Negeri 3 Kediri
Development of Video Tutorials for Dry Technique Colouring in Class X Fashion Design State VHS 3 Kediri
Video pembelajaran pewarnaan teknik kering dapat mempermudah siswa dalam memahami materi karena dapat diualang berkali-kali. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat validitas video pembelajaran pewarnaan teknik kering (2) mengetahui hasil belajar dari siswa dalam menggunakan video pembelajaran tersebut. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan oktober 2021 di SMK Negeri 3 Kediri. Proses pengembangan video menggunakan metode ADDIE yang memiliki tahapan diantaranya Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Penilaian media terdari dari dua orang ahli, yang pertama ahli media dan yang kedua ahli materi. Alat bantu penelitian adalah dokumen validasi dan tes psikomotor siswa. Metode analisis deskriptif digunakan sebagai metode pengolahan data pada penelitian ini dengan menghitung rata-rata hasil validasi media video pembelajaran dan menghitung nilai ketuntasan hasil belajar. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Tingkat validitas video pembelajaran pewarnaan teknik kering layak untuk diuji cobakan kepada siswa berdasarkan penilaian para ahli dengan rata-rata sebesar 3,85. (2) Hasil belajar siswa dari penerapan pewarnaan teknik kering di kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Kediri melalui penggunaan video pembelajaran mencapai 93,75%.
Kata Kunci : Pengembangan, pewarnaan kering, video pembelajaran
The dry technique coloring learning video can make it easier for students to understand the material because it can be repeated many times. The objectives of this study were (1) to determine the level of validity of the dry technique coloring learning video (2) to determine the learning outcomes of students in using the learning video. This research was conducted in October 2021 at SMK Negeri 3 Kediri. The video development process uses the ADDIE method which has stages including Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The media assessment consists of two experts, the first is a media expert and the second is a material expert. Research aids are validation documents and student psychomotor tests. Descriptive analysis method was used as a data processing method in this study by calculating the average results of the validation of the learning video media and calculating the completeness value of learning outcomes. The results of this study are: (1) The level of validity of the dry technique coloring learning video is feasible to be tested on students based on the assessment of experts with an average of 3.85. (2) Student learning outcomes from the application of dry technique coloring in class X Fashion Design at SMK Negeri 3 Kediri through the use of learning videos reached 93.75%.
Keywords : Development, dry coloring, learning video