PENGEMBANGAN MEDIA ARBAMI (AUGMENTED REALITY BAGIAN-BAGIAN BUMI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD KHADIJAH WONOREJO
DEVELOPMENT OF ARBAMI MEDIA (AUGMENTED REALITY PARTS OF THE EARTH) TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES OF FIFTH GRADE STUDENTS AT KHADIJAH WONOREJO ELEMENTARY SCHOOL
Pemanfaatan media menarik dalam pembelajaran dapat mengoptimalkan pembelajaran siswa. Saat ini siswa lebih tertarik menggunakan smartphone daripada membaca buku, sehingga materi yang hanya disajikan dalam bentuk buku bisa membuat mereka bosan dan berdampak negatif pada hasil belajar. Penulis mengajukan penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran aplikasi edukatif ARBAMI pada materi bagian-bagian bumi untuk siswa kelas V SD Khadijah Wonorejo.
Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahap. Pertama, dilakukan tahap analisis masalah, kurikulum, pendidik, kebutuhan peserta didik, dan buku siswa. Tahap kedua, dilakukan desain materi, media, dan instrumen penilaian produk. Tahap ketiga, tahap pengembangan yakni proses mengembangkan media menjadi aplikasi android serta dilakukan proses validasi. Tahap keempat, tahap implementasi media aplikasi edukatif ARBAMI pada 27 siswa kelas V SD Khadijah Wonorejo untuk menguji kepraktisan media melalui angket respon siswa dan guru, serta menguji keefektifan media melalui pretest dan posttest. Kemudian dilakukan tahap evaluasi secara keseluruhan untuk setiap tahap.
Hasil penelitian media aplikasi edukatif ARBAMI layak digunakan dengan hasil penilaian kevalidan sebesar 96%, validasi materi mencapai 86%. Pada tahap implementasi diperoleh data kepraktisan media aplikasi edukatif ARBAMI berdasarkan angket respon siswa sebesar 97,77% dan angket respon guru mencapai 100%. Selain itu, didapatkan data keefektifan media ARBAMI dari pretest dan posttest yang memiliki peningkatan yang signifikan pada analisis N-Gain dengan perolehan rata-rata 0,72 dengan kategori tinggi dan presentase ketuntasan posttest sebesar 92,59 dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran aplikasi edukatif ARBAMI layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci : media ARBAMI, hasil belajar
The use of engaging media in education can optimize student learning. Currently, students are more interested in using smartphones than reading books, so material presented only in book form can make them bored and negatively impact their learning outcomes. The author proposes research to develop innovative learning media to improve the learning outcomes of fifth-grade students. This study aims to determine the validity, practicality, and effectiveness of the ARBAMI educational application on the topic of the Earth's parts for fifth-grade students at SD Khadijah Wonorejo.
This developmental research uses the Research and Development (R&D) method with the ADDIE model, which consists of five stages. First, the analysis stage involves identifying problems, curriculum, educators, student needs, and textbooks. The second stage is the design of materials, media, and assessment instruments. The third stage involves developing the media into an Android application and validating it. The fourth stage is the implementation of the ARBAMI educational application with 27 fifth-grade students at SD Khadijah Wonorejo to test the practicality of the media through student and teacher response questionnaires and to test the effectiveness of the media through pretests and posttests. Finally, the evaluation stage assesses each phase comprehensively.
The results show that the ARBAMI educational application is suitable for use, with a validity score of 96% and content validity of 86%. During the implementation phase, the practicality of the ARBAMI educational application was evidenced by a 97.77% student response rate and a 100% teacher response rate. Furthermore, the effectiveness of the ARBAMI media was demonstrated by a significant improvement in pretest and posttest scores, with an average N-Gain score of 0.72 (high category) and a posttest mastery percentage of 92.59% (very good category). Therefore, it can be concluded that the ARBAMI educational application is a suitable learning media.
Keywords: ARBAMI media, learning outcomes