Pengembangan E-Book Interaktif Sebagai Sumber Belajar Submateri Animalia Invertebrata untuk Melatihkan Kemandirian Siswa SMA Kelas X
Development of Interactive E-Book as Learning Source on Animalia Invertebrate Submaterials to Train The Self Directed Learning of Grade Ten Students of Senior High School
Kemandirian belajar siswa penting bagi siswa karena dengan mandiri, siswa bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Untuk melatihkan kemandirian belajar siswa, serta untuk merealisasikan tuntutan siswa belajar secara mandiri diperlukan adanya penyesuaian antara bentuk sumber pembelajaran dengan kebutuhan pembelajaran siswa. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Book interaktif berbasis iSpring submateri Animalia Invertebrata yang valid, efektif, dan praktis untuk melatihkan kemandirian siswa. Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Validitas E-Book dinilai dari aspek penyajian, isi, indikator kemandirian, dan bahasa, kepraktisan diperoleh dari uji keterbacaan, angket respons positif guru dan siswa, serta observasi keterlaksanaan E-Book, keefektifan diperoleh dari angket respons kemandirian siswa. E-Book interaktif berbasis iSpring yang dihasilkan memuat enam indikator kemandirian yakni tidak bergantung terhadap orang lain, percayaan diri, disiplin, bertanggung jawab, inisiatif, dan kontrol diri. Hasil menunjukkan E-Book interaktif berbasis iSpring sangat valid (91,67%), sangat praktis berdasarkan keterbacaan pada level 10, respons positif guru (95%), respons positif siswa (98,61%), dan observasi keterlaksanaan (96,92%), efektif dalam melatihkan kemandirian siswa kelas X setelah mengikuti pembelajaran (97%). E-Book interaktif berbasis iSpring submateri Animalia Invertebrata dinyatakan dapat digunakan untuk pembelajaran di kelas X SMA berdasarkan aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan.Kata kunci: e-book, ispring, sumber belajar, kemandirian belajar siswa, invertebrata