STUDENTS' SPEAKING ANXIETY IN IGTV
Kecemasan dalam berbicara telah menjadi permasalahan selama tiga dekade yang sangat sulit untuk diselesaikan. Setiap siswa memiliki tingkat kecemasan berbicara yang berbeda dan guru membutuhkan solusi bagaimana mengurangi kecemasan berbicara dalam Bahasa Inggris serta harus memahami aspek kecemasan berbicara siswa. Dalam beberapa kasus, siswa memiliki masalah kecemasan berbicara dan merasa kesulitan dalam latihan berbicara Bahasa Inggris. Siswa sangat membutuhkan media atau alat yang inovatif dan kreatif yang dapat membantu mengurangi kecemasan berbicara mereka dan membuat mereka lebih tertarik belajar teruma dalam berbicara Bahasa Inggris. Peneliti akan meneliti penggunaan fitur IGTV di Instagram untuk mengidentifikasi aspek dalam kecemasan berbicara yang siswa miliki.
Desain penelitian kuantitatif ini adalah untuk memahami penggunaan Instagram sebagai alat untuk memahami aspek kecemasan berbicara Bahasa Inggris yang dimiliki siswa. Selanjutnya, data diperoleh melalui pembagian kuesioner dan menggunakan metode survei, peserta penelitian ini adalah siswa SMA di Jawa Timur. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa memiliki aspek kognitif ketika mereka berbicara di fitur IGTV.
Kata kunci: Instagram, IGTV, Kecemasan berbicara
Speaking anxiety has been very difficult to overcome in English teaching and learning process for 3 decades. Every student has their own speaking anxiety with various rates and the teacher needs the answer to solve this problem by considering the anxiety-speaking component of the students. Students in some situations have trouble with speaking anxiety and trouble speaking work. Therefore, they need a creative media or resources that can help to reduce their anxiety in speaking and make learning more exciting and engaging. In this study IGTV as a tool to identify the aspect of students’speaking anxiety. The researcher tends to investigate the use of IGTV and find the aspect speaking anxiety that student have.
This study used Quantitative design to investigate the aspect speaking anxiety of IGTV as a tool for students. Furthermore, the data were obtained through giving questionnaires and using survey method. The participants of this study were taken from one of senior high school students in East Java. The results showed a positive influence as the students have the cognitive aspect of speaking anxiety when they used IGTV.
Keywords: Instagram,IGTV, Speaking Anxiety