PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK DIGITAL MATERI DONGENG (POPIDO) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR
DEVELOPMENT OF DIGITAL POP UP BOOK MEDIA FOR FAIRY STORY MATERIALS (POPIDO) TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES FOR COGNITIVE ASPECTS OF CLASS III PRIMARY SCHOOL STUDENTS
Nisak, Khoirun. 2024. Pengembangan Media Pop Up Book Digital Materi Dongeng (POPIDO) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aspek Kognitif Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Hendratno, M.Hum. dan (II) Dr. Titik Indarti, M.Pd.
Kata Kunci: Media, Pop Up Book Digital, Hasil Belajar.
Media pembelajaran mempunyai peranpenting dalam proses belajar peserta didik. Melihat hasil belajar peserta didik yang belum mencapai KKM, menunjukkan bahwa pemahaman peserta didik terhadap materi juga cukup rendah. Media yang dirasa tepat dan sesuai dengan kondisi saat ini adalah media pembelajaran digital. Permasalahan ini terkait dengan kurang optimalnya penggunaan media berbasis digital di SDN Sidorejo, respon peserta didik terhadap pengembangan media pop up book digital dan hasil belajar peserta didik yang belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media Pop Up Book Digital Materi Dongeng (POPIDO) yang dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif peserta didik sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan prosedur Research and Development dengan mengadopsi model 4D (define, design, develop, disseminate). Instrumen pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar angket, dan lembar validasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan rumus statistik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media POPIDO layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase 71% dengan kategori “layak”, validasi ahli media menunjukkan persentase 85% dengan kategori “sangat layak”, validasi ahli bahasa menunjukkan persentase 80% dengan kategori “layak”, dan instrumen tes menunjukkan persentase 85% dengan kategori “sangat layak”. Kepraktisan media POPIDO dalam pembelajaran menunjukkan hasil yang sangat tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan respon peserta didik sebagai pengguna menunjukkan keaktifan yang sangat tinggi dengan persentase pada uji coba skala besar adalah 93% dan persentase hasil observasi guru sebesar 92%. Media POPIDO terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar aspek kognitif peserta didik sekolah dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Hal ini dibuktikan dari hasil dari data taraf signifikasi (2-tailed) 0,000 sehingga ketika dimasukkan ke dalam hipotesis maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Nisak, Khoirun. 2024. Development of Digital Pop Up Book Media for Fairy Tale Material (POPIDO) to Improve Learning Outcomes of Cognitive Aspects of Grade III Elementary School Students. Thesis. Master of Basic Education Study Program, Surabaya State University. Counselor: (1) Dr. Hendratno, M.Hum. dan (II) Dr. Titik Indarti, M.Pd.
Keyword: Media, Pop Up Book Digital, Learning Outcomes.
Instructional media have important role in the learning process participant educate. See results Study participant educate those who haven't yet reach KKM, shows that understanding participant educate to the material is also sufficient low. Perceived media precise and appropriate with condition moment This is a digital learning medium. Problem This related with not enough optimally use of digital- based media at SDN Sidorejo, response participant educate to development of digital pop up book media and results Study participant educate those who haven't yet reach KKM. Research purposes This is For produce Media product Pop Up Book Digital Fairy Tale Material (POPIDO) which can increase results Study aspect cognitive participant educate school base.
Study This use procedure Research and Development with adopting the 4D model (define, design, develop, disseminate). Instrument retrieval of the data used in study This is sheet observation, sheet questionnaire, and sheet validation. Data analysis techniques using technique analysis quantitative with formula statistics.
Research result This show that POPIDO media is worthy used in learning. Validation results expert material show percentage 71% with “worthy” category, validation media experts pointed out percentage 85% with “very feasible” category, validation expert Language show percentage 80% with “worthy” category, and instruments test show percentage 85% with “very worthy” category. The practicality of POPIDO media in learning show very high yield. That matter proven with response participant educate as user show very high activity with percentage on trial scale big is 93% and percentage results teacher observation was 92%. POPIDO media is proven effective For increase results Study aspect cognitive participant educate school base. Research result This show exists difference significant between results Study pretest and posttest. This matter proven from results from level data significance (2-tailed) 0.000 so when entered to in hypothesis then Ho is rejected and Ha is accepted.