EFFECTIVENESS OF SOLUTION FOCUSED BRIEF GROUP COUNSELING TO IMPROVE VOCATIONAL STUDENTS' ACADEMIC SELF-EFFICACY
Efikasi diri akademik merupakan keyakikarı individu terhadap kemampunya untuk merencanakan, mengatur, dan melaksanakan tugas-tugas akademik. Efkasi diri akademik membantu untuk mengetahui sajauh mana siswa mampu menghadadapi tantangan dalam belajar, mengerjakan tugas, dan meraih prestasi. Akan tetapi pada salah satu SMK di Sidoarjo ditemukan beberapa siswa yang terindifikasi memiliki efikasi dri akademik yang rendah. Instrumen yang digunakan dalam pengukuran menggunakan skala efikasi diri. Penelitian ini untuk menguji efektivitas solution focused brief counseling untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa SMK. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan nonekuivalent pretest- posttest control group design yang bertujuan untuk membandingkan hasil pre-test sebelum intervensi dan post-test sesudah intervensi kepada subjek penelitian. Analisis dari penenlitian ini menggunakan uji independet sample t test dan menunjukan nilai Sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05 dan nilai n-gain sebesar 57,03% dengan demikian intervensi solution focused brief counseling menunjukan hasil yang signifikan untuk meningkatkan efikasi diri akademik. Kesimpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa pemberian solution focused brief counseling terbukti efektif untuk meningkatkan efikasi diri akademik perserta didik. Dengan demikian penggunaan teknik ini bisa digunakan oleh guru bimbingan dan konseling sebagai treatment alternatif untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa SMK
Kata Kunci: solution focused brief counseling, Efikasi Diri Akdemik
Academic self-efficacy is an individual's confidence in their ability to plan, organize, and carry out academic tasks. Academic self-efficacy helps to determine the extent to which students are able to face challenges in learning, doing assignments, and achieving achievements. However, in one of the vocational schools in Sidoarjo, several students were found to have low academic self-efficacy. The instrument used in the measurement used a self-efficacy scale. This study is to test the effectiveness of solution focused brief counseling to improve the academic self-efficacy of vocational school students. This study is a quantitative study with a nonequivalent pretest-posttest control group design which aims to compare the results of the pre-test before the intervention and the post-test after the intervention to the research subjects. The analysis of this study used an independent sample t test and showed a Sig. (2-tailed) value of 0.002 <0.05 and an n-gain value of 57.03%, thus the solution focused brief counseling intervention showed significant results in improving academic self-efficacy. The conclusion of this study proves that the provision of solution focused brief counseling is proven to be effective in increasing the academic self-efficacy of students. Thus, the use of this technique can be used by guidance and counseling teachers as an alternative treatment to increase the academic self-efficacy of vocational high school students