Pengaruh Regulasi Diri terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa
The Effect of Self-Regulation on Academic Procrastination in Students
Prokrastinasi akademik merupakan perilaku yang melekat pada mahasiswa, ketidakmampuan dalam mengontrol prokrastinasi akademik dapat terjadi karena rendahnya tingkat regulasi diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas X di Kota Surabaya. Rancangan penelitian ini kuantitatif non-eksperimen. Responden penelitian berjumlah 230 mahasiswa, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan skala prokrastinasi akademik dan skala regulasi diri. Teknik analisis data dibantu menggunakan JASP versi 18.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif signifikan (p<0,001), artinya semakin tinggi prokrastinasi akademik, maka akan semakin rendah regulasi diri. Hipotesis pada penelitian ini menunjukkan H1diterima, serta diketahui nilai R Square sebesar 0,218. Dapat disimpulkan bahwa regulasi diri mampu memprediksi prokrastinasi akademik sebesar 21,8% dan sisanya 78,2% dapat dipengaruhi oleh faktor lain pada mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas X di Kota Surabaya.
Academic procrastination is a behavior inherent in students, the inability to control academic procrastination can occur due to low levels of self-regulation. The aim of this research is to determine the effect of self-regulation on academic procrastination among University X students in the city of Surabaya. This research design is quantitative, non-experimental. The research respondents totaled 230 students, using purposive sampling techniques. Data collection used the academic procrastination scale and self-regulation scale. The data analysis technique uses simple regression assisted by using JASP version 18.0. The research results show that there is a significant negative effect (p<0.001), meaning that the higher the academic procrastination, the lower the self-regulation. The hypothesis in this study shows that H1 is accepted, and it is known that the R Square value is 0.218. It can be concluded that self-regulation is able to predict academic procrastination by 21.8%, and the remaining 78.2% can be influenced by other factors in students of the Department of Psychology, University of X in Surabaya City.